DPRD Minta Pemkab PPU Libatkan RT dalam Penyaluran BLT BBM

L Gustian

Syarifuddin HR, anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara. (ESY)
Syarifuddin HR, anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Proses penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), masih dalam proses. Secara keseluruhan, BLT BBM dialokasikan pemerintah daerah sebesar Rp12,4 miliar.

Ini sesuai instruksi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134 tahun 2022, sebagai upaya pencegahan inflasi dampak kenaikan harga BBM Bersubsidi pada 3 September lalu. Nilai BLT yang dialokasikan sebesar 2 persen dari dana transfer umum (DTU) yang diterima pemerintah daerah.

Penjualan minyak goreng di pasar. (Ilustrasi/net)

Meski begitu, ditargetkan penyaluran BLT BBM dilakukan mulai November ini. Penerima manfaat akan memperoleh BLT Rp 600 ribu untuk tiga bulan, terhitung dari Oktober, November dan Desember.

Dalam proses penyaluranya, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten PPU, Syarifuddin HR, meminta dinas terkait melibatkan pihak RT.

“Ada baiknya pemerintah itu (dalam menyalurkan BLT) melibatkan RT. Kenapa, karena mereka lebih tahu keadaan warganya,” kata Syarifuddin, Kamis (3/11).

Dok. Penyaluran BLT di Babulu Laut.
Dok. Penyaluran BLT di Babulu Laut.

Para penerima manfaat dalam program BLT BBM meliputi berbagai sektor. Mulai dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), pelaku jasa angkutan darat dan laut seperti supir angkot, tukang ojek, motoris kelotok dan speed, hingga nelayan.

Nantinya Pelibatan RT dalam menyalurkan dana BLT untuk mengantisipasi penyelewengan maupun ketidaktepatan sasaran. RT juga memiliki kewajiban untuk memberikan pengawasan dan kontrol sosial.

“Jangan sampai salah sasaran. Karena penyaluran bantuan ini harus betul-betul sampai ke tangan yang berhak menerima,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.