LHP BPK Jadi Bahan Benahi Pengelolaan Keuangan Daerah Kalteng

Wakil Kalteng, Edy Pratowo menerima kunjungan BPK Kalteng. (Ist)
Wakil Kalteng, Edy Pratowo menerima kunjungan BPK Kalteng. (Ist)

Palangka Raya, helloborneo.com – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo mengatakan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemprov Kalteng menjadi bahan untuk terus membenahi pengelolaan keuangan daerah.

“Hal ini agar semakin baik demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang profesional dan akuntabel,” kata Edy saat menerima kunjungan Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalteng di ruang kerja Wagub, Kantor Gubernur baru-baru ini.

Selain itu, seluruh jajaran Pemprov Kalteng pun telah diinstruksikan untuk menindaklanjuti setiap hasil pemeriksaan BPK RI.

Pemeriksaan Interim akan dilaksanakan selama 30 hari sebelum Laporan Keuangan (LK) Unaudited diterima BPK RI Perwakilan Kalteng. Pemeriksaan Interim menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Pemeriksaan LKPD, sehingga tidak ada laporan hasil Pemeriksaan Interim yang disampaikan kepada entitas.

Hasil Pemeriksaan Interim akan digunakan Tim BPK RI untuk menyusun perencanaan pemeriksaan terinci. Apabila selama pemeriksaan Interim Tim BPK RI memperoleh Temuan Pemeriksaan (TP), maka Tim akan menyampaikan konsep temuan pemeriksaan tersebut kepada pimpinan entitas untuk mendapat tanggapan.

Sebagai informasi, Pemprov Kalteng berhasil mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK RI untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut pada tahun 2022.

Kunjungan Tim Badan Pemeriksa Keuangan BPK RI ini dalam rangka Entry Meeting Pemeriksaan Interim BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022 pada Pemprov Kalteng. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.