Tingkatkan Penerapan SPBE, Diskominfo PPU Gelar Bimtek Pengisian Indikator SPBE

Kepala Diskominfo Kabupaten PPU, Khairudin. (Tengah). (Ist)
Kepala Diskominfo Kabupaten PPU, Khairudin. (Tengah). (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten PPU menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pengisian indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bertempat di Ruang Pertemuan Rich Hotel PPU, Senin (27/11/23).

Kegiatan bimtek ini merupakan kerjasama antara Diskominfo PPU dengan Yogya Executive School (YES) dan diadakan selama 4 (empat) hari hingga tanggal 30 November 2023. Peserta bimtek merupakan perwakilan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten PPU dan menghadirkan narasumber Assesor SPBE dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kepala Diskominfo PPU Khairudin saat membacakan sambutan Penjabat (Pj) Bupati PPU menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah salah satu upaya nyata dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan publik yang efektif dan efisien.

“Sertifikat elektronik dan tanda tangan digital adalah teknologi yang telah membuktikan dirinya sebagai sarana yang aman, efisien dan ramah lingkungan,” jelasnya.

Pemkab PPU setiap tahunnya telah melakukan pengisian indikator pada evaluasi SPBE. Disebutkan nilai indeks SPBE pada Tahun 2023 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Nilai indeks tahun ini sebesar 2,69 meraih predikat baik, meningkat dari tahun sebelumnya 1,82 meraih predikat cukup,”terang Khairudin.

Lebih lanjut Khairudin menjelaskan bahwa penerapan SPBE tentunya memerlukan pemahaman dan keterampilan baru dan pemerintah daerah telah berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas SDM dengan dilaksanakannya kegiatan bimtek ini.

“Mari kita saling mendukung dan berkolaborasi dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih modern, transparan dan efisien,” tutupnya. (adv/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.