Festival Literasi Kaltara Kembali Digelar di Tarakan

Pembukaan Festival Literasi Kaltara 2023. (Ist)
Pembukaan Festival Literasi Kaltara 2023. (Ist)

Tarakan, helloborneo.com – Ratusan masyarakat dari berbagai kalangan memadati Taman Berkampung untuk ikut memeriahkan pembukaan Festival Literasi Kaltara 2023. Setelah sebelumnya sukses terselenggara di Kota Tanjung Selor, kali ini kembali digelar di Kota Tarakan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Mewakili Gubernur Kaltara, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Kaltara Dr. Bustan, SE, M.Si, memberikan sambutan sekaligus membuka acara yang sebelumnya diawali dengan senam massal.

”Semoga melalui penyelenggaraan festival ini, tidak hanya meningkatkan budaya membaca ditengah-tengah masyarakat, kita juga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengakses informasi yang kredibel,” bukanya saat membacakan sambutan Gubernur, Sabtu (2/12/2023).

Menurutnya, kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki. Jika membaca sudah menjadi budaya, maka siswa akan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan dapat membuka peluang kesuksesan hidup yang lebih baik.

Perkembangan zaman di era teknologi digital sekarang ini, memiliki pengaruh terhadap minat membaca yang dimiliki anak-anak yang semakin berkurang dan hal tersebut perlu menjadi perhatian khusus bersama.

“Kita perlu mengantisipasi hal itu, karena rendahnya minat membaca akan berdampak pada kurangnya kualitas SDM yang berdaya saing dan kompetitif”, ujarnya.

Untuk terus meningkatkan kualitas SDM atau Sumber Daya Manusia Kaltara, Pemprov Kaltara terus berupaya melalui peningkatan budaya literasi yang tercermin dalam misi Pemprov Kaltara, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan wajib belajar 16 tahun yang berwawaskan kebangsaan.

“Ini adalah salah satu bentuk ikhtiar kita untuk mewujudkan Provinsi Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera,” tutupnya.

Usai pembukaan, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Kaltara Dr. Bustan, SE, M.Si, bersama Bunda Literasi Kaltara, Hj. Rahmawati Zainal, SH, beserta jajaran mengunjungi dan berbelanja berbagai produk UMKM disekitar lokasi acara.

Puncak perayaan Festival Literasi Kaltara 2023 akan kembali dimeriahkan oleh Farel Prayoga penyanyi cilik asal Banyuwangi Jawa Timur untuk menghibur masyarakat Bumi Benuanta malam ini. (dkisp/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.