Tingkatkan Pengetahuan OPD, Bapelitbang PPU Gelar Diskusi Data Sektor Ekonomi

Bapelitbang Kabupaten PPU Gelar Diskusi Terkait Inflasi dan PDRB Tahun 2023. (Ist)
Bapelitbang Kabupaten PPU Gelar Diskusi Terkait Inflasi dan PDRB Tahun 2023. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan diskusi terkait data sektor ekonomi di Kabupaten PPU, Selasa (2/4/2024).

Diskusi tersebut, meliputi kondisi inflasi Kabupaten PPU serta produk domestik regional bruto (PDRB) tahun 2023 dengan narasumber Badan Pusat Statistik (BPS) PPU. 

Perencana Ahli Muda Bapelitbang Yudi Fitriadi menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan guna menambah pengetahuan organisasi perangkat daerah (OPD) tentang inflasi dan PDRB yang tengah menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Supaya punya pemahaman yang sama dalam melaksanakan kegiatan (bagi perangkat daerah teknis) dan merencanakan atau merumuskan kebijakan (bagi Bapelitbang),” kata Yudi di ruang rapat Kantor Bapelitbang PPU, Kabupaten PPU.

Kegiatan yang pertama kali dilakukan ini diharapkan dapat dilakukan lagi dengan tema berbeda yang menjadi isu nasional.

“Entah minggu depan (tema) kemiskinan, bulan depan (tema) pengangguran, segala macam. Kan data-data itu juga diproduksi oleh BPS,” ungkapnya.

Ia menyampaikan diskusi ini selain meningkatkan pemahaman juga dapat menghasilkan wacana lebih lanjut, seperti wacana rekonsiliasi sumber data BPS dengan dinas teknis mengenai harga pasar yang muncul dalam diskusi inflasi ini.

Pertumbuhan ekonomi di PPU secara makro tercatat cukup tinggi pada tahun 2023 sebesar 29,85 persen. Hal ini meningkat dibanding tahun sebelumnya sebesar 14,49 persen.

Adanya pertumbuhan ini kemudian dicermati untuk melihat sektor yang berkontribusi besar dan kemungkinan dalam mempertahankan pertumbuhannya. Selain itu, inflasi di PPU dicermati pula untuk melihat sektor dengan kontribusi paling besar di dalamnya sebagai upaya pengendalian inflasi. (adv/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.