Kabupaten PPU Jamin Biaya Kuliah Pelajar Lanjut Perguruan Tinggi

Bagus Purwa

Anak Petani Asal Babulu Dapat Beasiswa di UGM Melalui Program PBU Kemitraan. (Ist)
Anak Petani Asal Babulu Dapat Beasiswa di UGM Melalui Program PBU Kemitraan. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam.Paser Utara, menjamin biaya kuliah secara penuh bagi pelajar di daerah berjuluk Benuo Taka itu, yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Pemerintah kabupaten memberikan bantuan biaya belajar atau beasiswa kepala pelajar SMK/SMK sederajat, jelas Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang di Penajam, yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Bantuan biaya belajar itu merupakan beasiswa penuh atau seluruh biaya perkuliahan ditanggung Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sejak semester pertama hingga lulus kuliah.

Bantuan biaya belajar diberikan untuk jenjang Diploma dan Strata Satu (S1) itu dengan ketentuan perguruan tinggi dan program studi yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Untuk menjalankan program beasiswa secara penuh pemerintah kabupaten telah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), kata dia, melakukan perekrutan mahasiswa baru melalui penelusuran bibit unggul wilayah afirmasi dan daerah.

Pemerintah kabupaten juga melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya yang memiliki akreditasi atau mutu yang unggul, lanjut dia, menjalankan program bantuan biaya belajar secara penuh itu, 

“Program studi yang menjadi target beasiswa secara penuh sesuai rencana pengembangan keunggulan kabupaten,” tambah Nicko Herlambang.

Program studi antara lain, komputer dan jaringan, serta teknik lingkungan, teknik, pertanian, kedokteran, matematika ilmu pengetahuan alam (MIPA).dan ilmu terapan (vokasi).

Program studi itu diharapkan sumber daya manusia (SDM) memiliki kompetensi yang memadai menghadapi pemindahan dan perkembangan Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia, menurut dia, serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga terus melanjutkan program beasiswa kategori prestasi dan tugas akhir, beasiswa kemitraan dan tahfidz (hafal Alquran), dan lainnya.

Bantuan biaya belajar merupakan upaya peningkatan kualitas SDM, khususnya penyiapan generasi muda unggul melalui pendidikan. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.