Pengajuan Pembuatan e-KTP di Penajam Meningkat

AH Ari B

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Masyarakat yang mengajukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP  meningkat empat kali lipat, kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Suyanto.

“Sejak pengumuman batas akhir perekaman 30 September 2016 dan KTP lama pada Oktober 2016 sudah tidak berlaku, cukup banyak warga yang melakukan perekaman data,” ujar Suyanto saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Menurut dia, kebanyakan masyarakat yang datang ke Kantor Disdukcapil karena ingin mengganti KTP lama menjadi KTP elektronik.

Sejak pengumuman dari pemerintah banyak warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang telah melakukan perekaman data meminta segera diterbitkan KTP elektroniknya.

Namun, saat ini Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara hanya memprioritaskan perekaman data e-KTP karena persediaan blanko KTP elektronik mulai menipis.

“Kami lebih prioritaskan warga yang belum lakukan rekam data e-KTP yang tempat tinggalnya jauh dari Kantor Disdukcapil karena blanko sangat terbatas,” tegas Suyanto.

Persediaan blanko untuk mencetak e-KTP, kata dia, saat ini tersisa 500 lembar, sementara masyarakat yang datang mencapai 2.000 per hari.

“Kami akan segera sampaikan ke pemerintah pusat kalau blanko KTP elektronik yang ada di Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara tinggal sedikit dan perlu ditambah,” ujar Suyanto.

Rencanannya Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara akan meminta tambahan blanko e-KTP langsung ke Kementerian Dalam Negeri pada akhir pekan ini. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.