KIB Penajam Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

Bagus Purwa

Peresmian KIB di  Penajam. Dokumentasi Humas Setkab PPU.

Penajam, helloborneo.com – Kawasan Industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terdaftar sebagai proyek strategis nasional, kata Bupati Yusran Aspar.

“Berdasarkan data yang ada di Kementerian Perekonomian Kawasan Industri Buluminung telah terdaftar dalam proyek strategis nasional,” kata Yusran Aspar ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Pengembangan kawasan industri di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut merupakan salah satu dari tiga kawasan industri di Kalimantan Timur yang dijadikan sebagai proyek strategis nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Sampai saat ini, menurut Yusran Aspar, sejumlah perusahaan besar telah berinvestasi mencapai triliunan rupiah di dalam Kawasan Industri Buluminung (KIB) yang berlokasi di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam itu.

Salah satunya PT Agra Bareksa Indonesia membangun pabrik kertas di KIB, yang mampu menyerap 20.000 tenaga kerja.

“Kemajuan pembangunan pabrik kertas di KIB itu diperkirakan hingga kini sudah mencapai 85 persen,” jelas Yusran Aspar.

PT Waskita Karya juga membangun pabrik beton pracetak (precast beton) untuk kebutuhan kontstruksi tiang pancang jembatan di wilayah Indonesia timur.

Beton pracetak (precast beton) tersebut untuk kebutuhan konstruksi yang diproduksi secara khusus pada cetakan beton dengan ukuran yang sudah ditentukan.

“Pabrik beton pracetak itu dibangun di atas lahan seluas 11 hektare di KIB dan ditargetkan rampung Juni 2018,” ujar Yusran Aspar.

Semua itu lanjut bupati, merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk memwujudkan pembangunan di daerah, yang ke depannya dapat bermanfaat dan dirasakan masyarakat setempat.

“Pembangunan di wilayah Penajam Paser Utara benar-benar ditata agar dapat dinikmati masyarakat untuk jangka waktu panjang,” tambah Yusran Aspar. (bp/hb/Adv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.