Program UPT-PU Dibutuhkan Masyarakat Penajam Paser Utara

Bagus Purwa
Penajam, helloborneo.com – Program Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum yang dibentuk di setiap kecamatan, dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terutama untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di desa dan kelurahan.

Alat Berat UPT PU.

Sejumlah warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis, mengatakan, kinerja Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT-PU) sangat dibutuhkan untuk membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan lingkungan desa/kelurahan dan jalan usaha tani di wilayah Penajam Paser Utara.

“Kami sangat membutuhkan UPT-PU untuk membuka dan membangun jalan usaha tani dan jalan lingkungan desa,” kata Andi Anto, warga Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku.

Sejak program UPT-PU dijalankan lanjut ia, kinerja UPT-PU itu dapat mengoptimalkan pembangunan dan peningkatan infrastruktur desa menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Menurut Andi Muhammad Hatta, warga Kelurahan Sepaku, Kecamatan Sepaku, pembangunan infrastruktur di setiap wilayah Penajam Paser Utara hingga ke pelosok dilakukan oleh UPT-PU.

Ia menimpali lagi, peran dan kinerja UPT-PU Kecamatan merupakan solusi untuk membangun dan meningkatkan infrastruktur desa dan kelurahan di wilayah Penajam Paser Utara.

Program pembentukan UPT-PU Kecamatan tersebut untuk membangun serta meningkatkan infrastruktur di setiap desa dan kelurahan di empat kecamatan di wilayah Penajam Paser Utara.

Masyarakat menegaskan sangat membutuhkan UPT-PU, karena telah merasakan dampak positif pembangunan yang dilakukan melalui program UPT-PU Kecamatan tersebut.

“Sebelum ada program UPT-PU peningkatan dan pembangunan jalan usaha tani dan jalan lingkungan di wilayah kami, sangat sulit dilakukan,” tambah Dullah, warga Desa Semoi 2, Kecamatan Sepaku.

Wero, warga Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku juga menilai, sebelum ada program UPT-PU Kecamatan, pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan di daerahnya sangat minim sehingga terkesan dianaktirikan.

Data yang diperoleh di Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, UPT-PU sejak 2014 hingga kini sudah membuka jalan lingkungan desa/kelurahan dan jalan usaha tani sepanjang 314 kilometer di seluruh kecamatan di wilayah Penajam Paser Utara, atau rata-rata UPT-PU berhasil membuka jalan lingkungan desa/kelurahan dan jalan usaha tani 100 kilometer per tahun. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.