309 Caleg Bertarung Perebutkan Kursi DPRD Penajam

Bagus Purwa

Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, Saharuddin Yunus.

Penajam, helloborneo.comSebanyak 309 calon legislatif yang ditetapkan masuk dalam daftar calon tetap akan bertarung memperebutkan 25 kursi DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Pemilu 2019.

“Sesuai tahapan dan jadwal kami menetapkan sebanyak 309 bacaleg masuk DCT melalui rapat pleno pada 20 September 2018,” kata Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Saharuddin Yunus ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Jumlah bacaleg (bakal calon legislatif) yang masuk dalam daftar calon tetap tersebut lanjut ia, mengalami penyusutan dari daftar calon sementara atau DCS yang berjumlah 311 bacaleg, dan DCT diumumkan kepada masyarakat pada 21-23 September 2018.

“Dua bacaleg dicoret karena dilaporkan menjadi terpidana kasus korupsi pada saat DCS diumumkan kepada masyarakat, yaitu satu bacaleg dari Partai Berkarya dan satu dari Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura,” jelas Saharuddin Yunus.

Sebelum menetapkan DCT, Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Penajam Paser Utara terlebih dahulu meminta persetujuan kepada semua partai poltik.

“Setelah semua partai politik menyatakan sesuai dan setuju, kemudian KPU menetapkan bacaleg masuk dalam daftar calon tetap,” ujar Saharuddin Yunus.

Ratusan bacelag yang masuk dalam DCT tersebut terdiri dari tiga dapil (daerah pemilihan) Kabupaten Penajam Paser Utara, yakni dapil Penajam, Babulu-Waru dan dapil Sepaku.

309 bacaleg dipastikan lolos dan akan berkompetisi pada pemilu yang digelar pada 17 April 2019 itu menurut Saharuddin Yunus, terdiri dari 189 laki-laki dan 120 perempuan.

Selanjutnya, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan sinkronisasi bacaleg yang masuk dalam daftar calon tetap tersebut dengan KPU Pusat.

“Ada edaran dari KPU Pusat, bahwa pencetakan surat suara akan diambil dari Silon (sistem informasi pencalonan), makanya dilakukan sinkronisasi,” tambah Saharuddin Yunus.

DCT (daftar calon tetap) tersebut menjadi referensi bagi masyarakat sebagai gambaran calon legislatif yang akan bertarung memperebutkan kursi DPRD Kabupapaten Penajam Paser Utara pada pemilihan legislatif 2019. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.