Satu Korban Tewas Akibat Ledakan Tabung Salju di Pencucian Mobil

Ledakan tabung salju di sebuah pencucian mobil kota Samarinda. (Ist)
Ledakan tabung salju di sebuah pencucian mobil kota Samarinda. (Ist)

Samarinda, helloborneo.com – Ledakan tabung salju di sebuah pencucian mobil kota Samarinda, kembali merenggut korban. Chandra Febri Ramadhan, pemuda berusia 25 tahun tewas diperjalanan menuju rumah sakit karena kehilangan banyak darah.

Kepala Kepolisian Sektor Kota Sungai Pinang, Ajun Komisaris Polisi Rengga Puspo Saputro, tiba di tempat kejadian hanya beberapa saat setelah ledakan. Menurut AKP Rengga, ledakan diduga terjadi sesaat setelah korban menarik selang di tabung sabun.

“Korban diketahui sebagai warga Jalan Propinsi, Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan,” jelas Kapolsekta, Senin (10/08/2020).

Polisi memeriksa tiga saksi. Mereka adalah kedua karyawan yang pertama kali melihat korban tadi serta Muhammad Ibrahim, menantu pemilik pencucian mobil. Para saksi menuturkan, ledakan tabung salju menyebabkan tutup tabung terlepas dan terlempar mengenai lengan kanan korban. Orang-orang yang melihat kejadian tersebut, termasuk pemilik dari mobil yang sedang dicuci, segera membantu.

“Kami masih menunggu hasil olah TKP. Ini murni kecelakaan kerja,” ungkap Rengga.

Chandra yang baru bertugas selama dua bulan di tempat tersebut tengah mencuci Daihatsu Terios hitam ketika hendak membuka keran angin untuk mengisi tabung sabun salju (snow wash).

Hanya dalam hitungan detik, suara menggelegar terdengar di pencucian yang beralamat di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda.

Ledakan itu mengejutkan dua karyawan pencucian mobil yang lain yakni Rendy Saputra (17) dan Yusriadi (29). Mereka pun mendatangi sumber suara tersebut. Keterkejutan mereka bertambah begitu melihat Chandra, karyawan yang sedang membuka keran angin tadi, tertelungkup bersimbah darah dengan kondisi yang memilukan.

Diketahui ledakan tabung salju di pencucian mobil bukan yang pertama. Dalam catatan media, peristiwa serupa terjadi pada 22 Agustus 2018 di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Satu pekerja pencucian mobil meninggal. Polisi menduga, ledakan tabung disebabkan karena selang yang tersumbat. Kejadian yang lain tercatat di Kota Serang, Banten, pada 2 Juli 2010. Dua pekerja terluka karena terkena serpihan tabung.

Tabung salju adalah sebuah perkakas dengan ragam jenama yang berfungsi menghasilkan busa yang berlimpah sehingga menghemat sabun atau sampo kendaraan. Tabung salju memerlukan tenaga angin yang dikirim dari kompresor udara. Itu sebabnya, tabung tersebut dilengkapi indikator angin dan indikator isi yang menyediakan informasi volume udara dan sampo. Tabung juga dilengkapi katup angin otomatis yang berfungsi membuang angin apabila telah melebihi kapasitas.

Seperti halnya kompresor yang menyimpan udara bertekanan tinggi, tabung salju sebenarnya tidak mudah meledak. Sepanjang dirawat dengan benar, tabung ini akan bekerja sebagaimana mestinya. (kk/sop/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.