Sebulan Beraksi di 12 TKP, Aksi Pencurian Terungkap Saat Menggondol Tali Tambang Bekas

Poto Istimewa.

Samarinda, helloborneo.com – Yang hanya dalam kurun waktu sebulan, tersangka berusia 28 tahun ini telah beraksi di 12 TKP, menggondol selimut hingga sepeda motor, termasuk dengan tali tambang bekas.

Pencurian tali tambang bekas sepanjang 150 meter diungkap polisi. Aksi pencurian dilakukan sehari sebelumnya, Rabu (9/9/2020) Sekira pukul 10.00 Wita. Pemilik tali tambang bekas berinisial SR, 27 tahun, yang meletakkan tali tambang tersebut di halaman rumahnya, Jalan APT Pranoto, Kelurahan Gunung Panjang, Samarinda Seberang.

Kepala Polsekta Samarinda Seberang, Komisaris Polisi Edison Sinaga, mengatakan bahwa pelapor menjelaskan ciri-ciri tersangka dan langsung ditindaklanjuti.

Tersangka bernama Muhammad Hamka (28). Tak memiliki pekerjaan.Tertangkap saat ia berada di rumahnya yang masih di wilayah Samarinda Seberang. Kepolisian berhasil menemukan dan mengamankan barang bukti tali tambang yang ditafsir senilai Rp3 juta.

Dari pengungkapan pencurian tali tambang tersebut, polisi juga mengungkap 12 tempat kejadian perkara (TKP) lainnya. Turut dilakukan di Samarinda Seberang. Hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Dari 12 TKP itupun terungkap jika aksi pelaku tak sebatas mencuri tali tambang. Barang bukti pun diamankan dari enam sepeda, satu tangga lipat, selimut, serta tali tambang yang awalnya diungkap. Turut diamankan satu sepeda motor matic tanpa nomor polisi yang diduga bodong milik korban. Dan satu buah gerobak yang diduga untuk mengangkut barang curian.

“Dari enam sepeda tersebut, tiga di antaranya kami amankan dari pembeli karena sempat dijual. Satu sepeda dijual antara Rp 200-300 ribu. Sedangkan tiga sepeda lainnya didapatkan di rumah tersangka yang juga rencananya akan dijual. Saat ini kami masih melakukan penyelidikan terkait TKP dan barang bukti lain yang belum terungkap,” terang Kompol Edison Sinaga, Jumat (11/9/2020) lalu.

Atas aksinya tersebut tersangka dikenakan Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.