Kasus Melandai, Ketua DPRD Kaltim Imbau Masyarakat Dapat Beradaptasi

MF Annur

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. (Ist).

Samarinda, helloborneo.com – Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK berharap masyarakat dapat beradaptasi dengan pandemi Covid-19. Meskipun pandemi belum usai, namun beberapa daerah di Kaltim, penyebaran Covid-19 mulai menurun.

Hal itu dapat terlihat beberapa daerah sudah menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Makmur menilai Kaltim sudah masuk kedalam fase new normal menuju endemi. Selain itu, banyak fasilitas pelayanan publik yang sudah menerapkan pelayanan secara daring. Mulai sektor ekonomi, bisnis, dan industri pun sudah mengadopsi teknologi digital dalam pelayanannya.

”Pandemi telah melahirkan struktur ketimpangan sosial dan ekonomi baru. Semuanya nampak dengan jelas dihadapan kita dan nyata kita rasakan,” jelas Ketua Harian DPD Golkar Kaltim tersebut, Selasa (5/10/2021).

Namun ditengah masyarakat mulai menjajaki fase new normal, beragam perubahan perilaku sosial juga terjadi. Selain itu, perubahan dibidang politik, dan ekonomi, baik pada level individu, komunitas, sampai kelembagaan juga terjadi.

Guna menghadapi perubahan itu, masyarakat diminta untuk merenungkan kembali tentang norma-norma sosial. Masyarakat diharapkan dapat melakukan pendalaman norma sesuai dengan kebutuhan untuk menghadapi fase new normal.

Sebagaimana yang dialami masyarakat menyangkut social distancing, mekanisme work from home (WFH), pembelajaran jarak jauh (PJJ), serta efisiensi dan refocusing sumber daya.

“Serta penyesuaian lainnya yang kemudian menjadi kebiasaan baru,” pungkas mantan Bupati Berau itu. (mfa/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.