BKPSDM PPU Tunggu Jadwal Tes SKB CASN 2021 Dari BKN Pusat

Dok. Pelaksanaan Tes SKD CASN di Kabupaten PPU.

Penajam, helloborneo.com – Tes Seleksi kompetensi Dasar (SKB) bagi para Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara, provinsi Kalimantan Timur telah selesai pada tanggal 27 September lalu.

Dan jumlah peserta yang berhasil memenuhi passing grade tes wawasan kebangsaan (TWK) menurut data Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 65 orang, tes intelegensi umum (ITU) 80 orang dan tes karakteristik pribadi (TKP) 166 orang yang memiliki peluang untuk melaju ketahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten PPU, Khairuddin di kantornya,Senin (11/10), salah satu syarat untuk mengikuti tes SKB adalah lolos passing grade SKD.

Namun, tidak semua peserta yang lolos passing grade tersebut secara otomatis bisa mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang. Karena jumlah peserta yang lolos passing grade melebihi kuota sehingga akan ditentukan berdasarkan nilai tertinggi.

“Misalnya, alokasi formasi itu ada tiga, maka dikalikan tiga. Artinya, ada sembilan peserta lolos passing grade SKD bisa mengikuti SKB,” kata Khairuddin.

Peserta yang berhak mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang, ditambahkan Khairuddin akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Nasional. “Jadi kami masih menunggu kapan hasil tes SKD dan peserta yang bisa melaju ke tahap SKB diumumkan. Karena ditentukan oleh BKN,” ujarnya.

Khairuddin menekankan, seluruh daerah saat ini masih menunggu jadwal pasti pelaksanaan tes SKB dari BKN. Karena diperkirakan digelar serentak pada bulan November mendatang.

“Jadwal pastinya belum ada. Tetapi, mengacu jadwal awal, tes SKB dilaksanakan bukan November. Tapi untuk sistem tes Seleksi Kompetensi Bidang tetap sama menggunakan computer assisted test (CAT).” ucap Khairuddin.

Untuk penentuan kelulusan Calon Aparatur Sipil Negara tahun ini dijelaskan Khairuddin, terdiri dari 60 persen dari hasil tes seleksi kompetensi bidang dan 40 persen dari tes seleksi kompetensi dasar. “Paling tinggi penentu kelulusan CASN tahun ini itu dari SKB,” kata Khairuddin.

Diketahui dari jumlah total peserta CPNS/CASN di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2021 sebanyak 3.146 orang. Yang tidak mengikuti tes SKD mulai dari tanggal 19 sampai 27 September, sebanyak 343 orang. (hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.