Ahli Waris Korban Covid-19 Berau Dapat Santunan Rp10 Juta

N Rahayu

Berau, helloborneo.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal dunia akibat covid 19. Besarannya masing-masing Rp10 juta per orang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Berau, Totoh Hermanto mengatakan jumlah yang meninggal dunia akibat covid-19, mencapai 409 orang. Namun yang mengajukan berkas persyaratan mendapatkan bantuan, hanya 50-an orang.

“Sampai saat ini baru 50 saja, sebenarnya sudah lama ada info ini, dan masyarakat pasti tau, tapi secara resmi memang Berau baru ada penyampaian dari provinsi seminggu lalu,” ungkapnya.

Selain persoalan waktu mepet karena instruksi resmi dari Gubernur Kaltim diterima 19 Oktober 2021 lalu, sementara tenggatnya hingga 28 Oktober 2021, menyebabkan sedikit ahli waris yang mengajukan berkas.

Persoalan kelengkapan berkas persyaratan juga menjadi kendala. Salah satunya yakni resume medis yang dikeluarkan oleh fasilitas kesehatan tempat pasien tersebut meninggal dunia.

“Soal resume medis banyak dikeluhkan, karena susah ke rumah sakit lagi, kalau puskesmas ada yang nda mau keluarkan,” lanjutnya.

Totoh melanjutkan, hal itu menjadi kendala terutama bagi yang tinggal di daerah pedalaman atapun pesisir Berau, karena akses yang jauh dari RSUD Abdul Rivai.

Untuk diketahui yang berhak mendapatkan santunan hanya ahli waris dari korban covid-19 yang pernah dirawat dan meninggal di fasilitas kesehatan. Jika meninggal saat isolasi mandiri, maka tidak akan masuk dalam kriteria penerima santunan.

Selain persyaratan tersebut, para ahli waris juga harus menyertakan surat keterangan kematian dan hasil pemeriksaan PCR atau Antigen korban yang meninggal dunia tersebut. (tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.