Seminar-Pelatihan UMKM Berbasis Digital Di SMK Negeri 4 Balikpapan Sukses

M Riskiullah

Seminar dan Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Digital. (Ist)
Seminar dan Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Digital. (Ist)

Balikpapan, helloborneo.com – Seminar dan Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Digital yang digelar, Polda Kaltim di Aula SMK Negeri 4 Balikpapan pada 11-12 November 2021 berlangsung sukses.

Pada hari kedua berlangsung kegiatan praktik usaha kuliner yang melibatkan pelaku UMKM, murid SMK Negeri 4 dan mahasiswa Universitas Balikpapan (Uniba).

Kegiatan praktik dipimpin langsung oleh Owner Borneo Salakilo, Riswah Yuni. Ada dua jenis usaha kuliner yang dipraktikan mulai dari proses pengolahan hingga packaging. 

Dua jenis usaha kuliner tersebut yaitu membuat klapertart dengan bahan baku singkong dan tiga macam sambal meliputi sambal ikan asin botok, sambal bajak nenas dan sambal cumi.

“Kami memilih klapertart singkong untuk praktik sebab bahan bakunya mudah didapat serta banyak. Apalagi klapertart ini cukup diminati banyak orang karena enak rasanya. Kalau sudah masak terasa lembut jadi singkongnya kurang terasa,” ujar Riswah Yuni ketika ditemui helloborneo.com.

Sedangkan untuk sambal, lanjut ia, bisa dijadikan oleh-oleh seperti di Surabaya ada sambal Bu Rudy yang cukup terkenal.

“Harapan kami sambal ini bisa jadi sambal khas Balikpapan atau Kaltim pada umumnya. Apalagi kita banyak ikan asin, begitu juga nenas dan cumi. Jadi ada tambahan variasi berkat buah tangan UMKM Balikpapan,” ucapnya.

Dalam pembuatan sambal menurut Riswah Yuni, dibuat bervariasi dengan tambahan bahan sehingga bisa tahan sampai enam bulan karena ada tambahan natrium benzoate sebagai pengawet makanan yang tidak berbahaya bagi kesehatan, sesuai takaran yang dianjurkan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan.

“Makanya kami ajarin mereka packaging atau teknis mengemas seperti apa. Jadi sambalnya benar-benar sudah dingin baru dimasukin dalam botol sebelum dipasarkan,” jelasnya.

Ririn mahasiswa FKIP Uniba menyambut baik adanya seminar dan pelatihan UMKM berbasis digital yang digelar Polda Kaltim tersebut.

“Pelatihan ini cukup baik bagi kami dalam menghasilkan keterampilan membuat produk guna menambah wawasan dalam mengembangkan skill berwirausaha,” kata dia.

Ririn juga berterima kasih kepada Polda Kaltim yang telah menghadirkan instruktur yang hebat Owner Borneo Salakilo, Riswah Yuni.

“Terima kasih banyak buat Bu Yuni atas ilmunya. Terima kasih juga kepada Polda Kaltim yang telah membuat kami mendapat pengalaman baru dalam berwirausaha,” ucapnya. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.