1.256 Sambungan Air Bersih MBR Terpasang Di Kabupaten Penajam

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com   Sedikitnya 1.256 sambungan air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terpasang di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, dari kuota 2.350 sambungan air bersih MBR pada 2021.

Direktur Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu mengatakan pengerjaan sambungan air bersih MBR sudah melewati setengah dari kuota.

Namun, menurut dia, pemasangan saluran air bersih di wilayah Kecamatan Babulu, masih terkendala karena terhambat izin dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) untuk proses pipa jaringan distribusi utama.

“Sekitar tiga kilometer yang harus mengantongi izin penggalian dari BPJN untuk mengerjakan proyek jaringan pipa distribusi utama,” tambah Abdul Rasyid.

Menurut rencana, terdapat dua desa yang akan menerima manfaat hibah air bersih di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, yaitu Desa Babulu Laut dan Babulu Darat.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mendapatkan kuota hibah air minum perkotaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak 2.350 sambungan air bersih pada 2021.

“Jatah 2.350 sambungan air bersih masyarakat berpenghasilan rendah itu dibagi untuk 16 kelurahan dan desa di empat kecamatan,” kata Abdul Rasyid.

Pemasangan jaringan pipa sambungan air bersih khusus diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah tersebut dilakukan secara gratis. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.