Dua Kecamatan di Kabupaten Penajam Masih Zona Merah COVID-19

Bagus Purwa

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat (ESY)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Dua kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara, masih berstatus zona merah penyebaran COVID-19, kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Jense Grace Makisurat.

“Zona merah tersisa dua kecamatan seiring terus bertambahnya pasien yang sembuh dari virus corona, tapi untuk tingkat kabupaten masih tetap di zona merah,” ujar Grace Makisurat ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Selasa.

“Dari empat kecamatan yang ada, tersisa dua kecamatan yang zona merah, sementara dua kecamatan lainnya turun ke zona oranye dan zona kuning,” tambahnya

Dua kecamatan zona merah itu adalah Kecamatan Sepaku dengan kasus aktif COVID-19 masih ada 63 orang dan Kecamatan Penajam juga zona merah dengan jumlah kasus aktif masih ada 97 orang.

Sementara dua kecamatan yang meninggalkan zona merah adalah Kecamatan Babulu yang berada di zona oranye dengan jumlah kasus aktif COVID-19 tersisa 36 orang serta Kecamatan Waru di zona kuning dengan jumlah kasus aktif tersisa 15 orang.

Hingga kini lanjut ia, juga terdapat penambahan 39 pasien sembuh dari COVID-19, sehingga total sembuh menjadi 5.133 orang.

Selain itu, terdapat penambahan 11 kasus aktif, sehingga total kasus aktif COVID-19 di kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut sebanyak 212 orang.

“Meski jumlah pasien sembuh terus bertambah dan jumlah kasus aktif berkurang, prokes harus tetap menjadi perhatian serius oleh semua pihak,” ucapnya.

Total positif COVID-19 jelas dia, dari 22 Maret 2020 sebanyak 5.577 orang. Dari jumlah itu, 5.133 orang sembuh, 212 orang masih positif dan total meninggal sebanyak 233 orang.

Terdata juga terdapat penambahan 12 kasus suspek COVID-19, sehingga total suspek sejak 22 Maret 2020 hingga 7 Maret 2022 sebanyak 7.259 orang.

“Dari jumlah suspek sebanyak 7.259 orang tersebut, di antaranya masih ada satu suspek yang dirawat di rumah sakit dan total meninggal dengan komorbid ada 33 orang,” kata Grace Makisurat. (adv/bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.