Pimpinan Otorita IKN diminta Tak Kesampingkan Suara dan Kontribusi Lokal

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Timur, Hetifah Sjaifudin mengapresiasi dilantiknya Bambanh Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis 10 Maret 2022 kemarin.

“Selamat kepada Pak Bambang dan Pak Dhony atas amanah baru yang diemban sebagai pimpinan Otorita IKN.” ujar Hetifah.

Seiring dengan itu, Hetifah mengingatkan agar pimpinan otorita tak mengesampingkan suara dan kontribusi lokal. Dalam pembangunan IKN Nusantara, Badan Otorita diharapkan turut melibatkan tokoh dan pakar setempat serta tetap memperhatikan aspek konservasi lingkungan.

“Kaltim memiliki banyak tokoh dan pakar yang berkualitas. Saya yakin bahwa mereka bisa membawa perspektif dan keahlian tersendiri dengan dilibatkan aktif dalam Otorita IKN.” katanya optimis.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang membidangi pendidikan itu melanjutkan, perguruan tinggi di Kalimantan Timur turut perlu digerakkan agar menjadi motor inovasi pembangunan IKN. Maka dari itu, baik ekosistem penelitian maupun pendidikan setempat menurutnya, perlu ditingkatkan.

“Perguruan tinggi dan sekolah di IKN harus ditingkatkan mutu serta fasilitasnya, agar dapat menghasilkan riset dan SDM lebih berkualitas.” sambungnya.

Dia turut menekankan bahwa pembangunan IKN Nusantara harus berpegang teguh pada prinsip keberlanjutan dan konservasi lingkungan hidup. Sesuai dengan konsep Smart Forest City yang diusung.

“Potensi kerusakan lingkungan hidup yang dapat timbul diatasi dengan baik,” sebutnya lagi.

Politisi Golkar ini kembali menegaskan komitmennya untuk mendengarkan dan memperjuangkan suara rakyat Kaltim.

“Saya siap untuk menjembatani berbagai aspirasi masyarakat Kaltim dengan Otorita IKN dalam persiapan, pembangunan, serta pemindahan IKN,” tegasnya. (yor)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.