Plt Bupati PPU, Hamdam Pongrewa Akan Berjuang Block Grant kepada Pemerintah Pusat

ES Yulianto

Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa. (ESY)
Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Turut berupaya mengurangi kesenjangan antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan pembangunan Ibu Kota Negara. Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa berupaya mendapatkan Block Grant kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait pembangunan Ibu Kota Negara.

Hamdam Pongrewa mengatakan perjuangan mendapatkan Block Grant tetap berlangsung. Dirinya tak mematok dalam bentuk apapun asalkan sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Itu tetap perjuangan kita, terserah nanti mau mereka gelontorkan dalam bentuk DAK atau bantuan atau dana Block Grant dikasih ke kita, kita siap,” kata Hamdam Pongrewa, Jumat (11/03/22).

Dikatakan Hamdam upaya telah disampaikan kepada pemerintah pusat melalui beberapa menteri beberapa pekan terakhir. Dari total kebutuhan yang ada, pemerintah Daerah setidaknya saat ini membutuhkan Rp700 miliar. Hal tersebut meliput pelayanan dan infrastruktur dasar masyarakat seperti peningkatan pelayanan kesehatan, kebutuhan air bersih, jalan, jembatan dan lainnya.

“Ya alhamdulillah mendapatkan respon yang lumayan baik. Saya sudah beberapa usulan kementerian melalui DAK, saya sudah usulkan kurang lebih Rp700 miliar yang sudah saya masukan. Rumah sakit, air bersih, infrastruktur dan fasilitas perkantoran kita,” ucapnya.

Hamdam berharap usulan tersebut bisa terealisasi. Hal tersebut tak lepas dari perpindahan Ibu Kota Negara ke Kecamatan Sepaku. Dan untuk mencegah terjadinya kesejangan antara Ibu Kota Negara dan daerah penyangga.

“Harapan kita harus diakomodir, kalau tidak lepas dong maksud perpindahan IKN ini kalau mereka tidak memperdulikan yang kita minta. Itu semua adalah infrastruktur dan pelayanan dasar kepada masyarakat harus diresponlah,” tuturnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.