Gubernur Bawa Tanah dan Air Ke Kemah Jokowi di IKN Untuk Ritual “Kendi Nusantara”

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin, 14 Maret 2022 lusa.

Di sela kemping di lokasi pembangunan bakal pusat pemerintahan itu, Jokowi rencananya turut melaksanakan ritual “Kendi Nusantara” bersama 33 Gubernur se Indonesia. Meski begitu, Juru Bicara Gubernur Kaltim HM Syafranuddin mengklarifikasi bahwa hanya lima Gubernur yang ikut menginap bersama Presiden.

“Informasinya hadir, tapi tidak ikut menginap. Yang menginap hanya lima Gubernur Kalimantan saja,” terangnya, Sabtu (12/3).

Gubernur-gubernur yang hadir itu diinstruksikan membawa tanah dan air dari masing-masing daerahnya. Air dan tanah tersebut nantinya dipersiapkan untuk ritual “Kendi Nusantara”.

“Air satu liter dan tanah sekitar 2 kilogram, nantinya akan disatukan dalam kendi. Kendi Nusantara namanya. Kendinya besar, saya lihat terbuat dari tembaga,” urainya.

Selanjutnya, Kendi Nusantara yang diisi air dan tanah akan disimpan di titik nol IKN Nusantara.

Mengenai air dan tanah yang akan dimasukan oleh Gubenur Kaltim Isran Noor ke dalam “Kendi Nusantara” nantinya, Syafranuddin mengatakan diambil dari dua daerah. Masing-masing dari wilayah Kutai Lama di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser.

“Kebetulan wilayah IKN Nusantara ini kan sebagian wilayah Kesultanan Kutai dan Kesultanan Paser. Jadi, itu simbol mewakili Kesultanan di Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Ritual tersebut rencananya dilangsungkan pada Senin (14/3) lusa.

Sementara Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan tiba di Balikpapan sehari sebelum berkemah, atau Minggu (13/3).

“Serahkan tanah dan Air itu di hari Senin. Untuk tanggal 13, pak Jokowi menginap dulu di Balikpapan. Senin tanggal 14, baru mengisi Kendi Nusantara. Sekaligus menginap di sana,” tutupnya. (yor)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.