Perjuangan Block Grant Didukung, DPRD Minta Pemkab PPU Jemput Bola

ES Yulianto

DPRD Kabupaten PPU. (Dok)

Penajam, helloborneo.com – Rencana mengaet anggaran Block Grant oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mendapatkan tanggapan baik pihak legislatif. Hal tersebut karena hingga kini pembangunan di Benuo Taka banyak yang belum tersentuh sehingga perlu mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Bijak Ilhamdani. (Dok)

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Bijak Ilhamdani mengatakan masih banyak infrastruktur dasar yang belum tersentuh, seperti jalan usaha tani, perkantoran masih menyewa hingga jalan kabupaten yang kondisinya masih perlu sentuhan anggaran.

“Guna menyempurnakan infrastruktur dasar kita sebagai mitra Ibu Kota Negara, buktinya perkantoran, ada 8 SKPD yang belum punya kantor permanen kemudian jalan usaha tani, jalan lingkungan kita masih banyak belum tersentuh sementara itu adalah akses sumber pendapatan masyarakat,” kata Bijak Ilhamdani, Sabtu (12/03/22).

Dengan dikabulkannya Block Grant maka sesuai pula dengan tujuan Pemerintahan Pusat ke Kecamatan Sepaku. Diucapkan Bijak Ilhamdani bahwa semangat pembangunan Ibu Kota Negara bukan Jawa Sentris harus dibuktikan.

Ketua DPRD PPU, Jon Kenedi.
Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, John Kenedy. (Dok)

“Kita inginkan tahun ini, tentu itu ranah pemerintah pusat. Mereka memberikan ke kita ya alhamdullilah dan kita sangat berharap. Semangat pembangunan IKN itu bukan Jawa Sentris, jadi gimana caranya agar tidak jawa sentris ya wilayah sekitar harus diperhatikan,” ucapnya.

Sedangkan menurut Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, John Kenedy peluang mendapatkan Block Grant terbuka bagi daerah sekitar Ibu Kota Negara. Kini tinggal bagaimana pemerintah daerah bisa melakukan jemput bola.

“Ya itu memang sangat baik. Memang sekarang ini masalah pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara harus jemput bola. Kemarin melalui Bappenas menginstruksikan ke kita silahkan apa saja yang harus dibangun sampaikan ke kita,” tutur John Kenedy.

Tujuan diusulkannya Block Grant dari kacamata John Kenedy hanya menyeimbangkan pembangunan Ibu Kota Negara dengan daerah sekitar agar selaras.

“Kita juga harus jemput bola karena pemerintah pusat fokus membangun ikn, kita juga harus sampaikan pembangunan pembangunan di penajam paser utara yang harus selaras dengan ibu kota negera jangan sampai ada ketimpangan,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.