Kantor DPRD Kabupaten PPU. (ESY)

Fraksi PKB DPRD Penajam: Gugatan Terkait Penggantian Ketua Dewan Sah Saja

ES Yulianto

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Irawan Heru Suryanto (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Perwakilan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Irawan Heru Suryanto menyebutkan gugatan Jhon Kenedi terhadap lembaga legislatif terkait penggantian ketua dewan sah-sah saja.

Gugatan yang dtujukan kepada lembaga legislatif menurut Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Paser Utara tersebut saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis, merupakan sesuatu yang wajar.

“Yang digugat lembaga DPRD semua punya hak,” ujarnya.

Perkara gugatan itu tidak menjadi persoalan lanjut dia, sehingga tidak ada larangan untuk melakukan gugatan secara benar, dan DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara telah membantu menjalankan perintah Partai Demokrat.

Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Jhon Kenedi (ESY)

“Ketika surat sudah masuk kami wajib untuk menindaklanjuti, kalau ada persoalan lain silahkan di upayakan melalui jalur-jalur hukum atau jalur mediasi,” ucapnya.

Gugatan tersebut untuk menghentikan proses hasil rapat paripurna menyangkut pergantian Ketua DPRD Kabupaten Penjam Paser Utara yang digelar pada 14 April 2022.

“Saya pikir untuk membatalkan hasil paripurna tidak ada alasan, adanya paripurna awalnya adalah surat instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat atau DPP Partai Demoktrat, kami dari kelembagaan hanya memfasilitasi saja adanya surat itu kalau ada ketidakpuasan persoalan silahkan saja,” kata dia.

Irawan Heru suryanto menengaskan bahwa hasil dari rapat paripurna tentang pemberhentian Jhon Kenedi sebagai Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara adalah sah sehingga tidak bisa diubah.

“Tidak berpengaruh, yang jelas paripurna kemarin sudah kuorum,” tegas dia. (adv/bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.