Dua Kali Mencuri Motor, Pemuda Ini ditangkap Saat Bawa Hasil Jarahannya Ke PPU

SA (25) diamankan petugas Polresta Balikpapan lantaran dua kali mencuri sepeda motor. Foto: helloborneo.com/RoyMS

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Satreskrim Polresta Balikpapan mengamankan pemuda berinsial SA yang diduga mendalangi serangkaian aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di Kota Balikpapan. Pria berusia 25 tahun itu disinyalir melakoni dua kali aksi kriminalitas tersebut dalam kurun waktu Maret hingga Juli 2022.

Tersangka SA ditangkap di wilayah Penajam Paser Utara (PPU) oleh anggota Unit Jatanras pada Senin, 11 Juli 2022 lalu. Saat itu SA sedang membawa salah satu hasil kejahatannya.

Dari situ penyidik kemudian melakukan pengembangan dan menemukan barang bukti hasil curian lainnya di Indekos SA.

“Dari pengungkapan kami turut amankan barang bukti satu unit Mio Soul GT KT 4072 YG serta satu unit Honda Scoopy KT 6633 WP,” ungkap Kasatreskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro, Kamis (14/7).

Menurut Rengga, dua sepeda motor tersebut dicuri oleh tersangka di kawasan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah dan Batakan, Balikpapan Timur.

“Curanmor itu dilakukan tersangka pada Minggu 10 Juli 2022 dan 27 Maret 2022 lalu,” sambungnya saat ditemui di Mapolresta.

Modus operandi yang dipergunakan oleh tersangka yakni berkeliling di permukiman warga untuk kemudian menyasar sepeda motor yang kuncinya masih menempel. Ditengarai modus ini dilakukan oleh SA seorang diri.

“Setelah berhasil, motor curian dibawa ke indekosnya di kawasan Batu Ampar, Balikpapan Utara,” sambungnya.

Kini SA harus menjalani penahanan di Rutan Polresta Balikpapan atas jeratan Pasal 362 KUHP tentang pencurian. Apabila terbukti, SA bisa disanksi pidana kurungan penjara selama 5 tahun. (yor)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.