Komunitas Gembel Penajam Sukses Gelar Lomba Sastra

ES Yulianto

Lomba Sastra gelaran Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Penajam. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Kabupaten Penajam Paser Utara mampu memberikan tempat untuk anak muda menuangkan kemampuan bidang literasi melalui berbagai lomba sastra melalui kegiatan Pea Bai ketiga dengan tema Nasionalisme dari Hati.

Kegiatan yang dilaksanakan di Grha Pemuda Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil memberikan wadah 50 orang peserta mulai dari kalangan umum, Sekolah Menengah Pertama Sederajat hingga Sekolah Menengah Atas Sederajat.

Kegiatan ini disponsori oleh Roeang Lovie, Umak Communal Space, Capital Barbershop, Jnj Vape Store, Perumda Air Minum Danum Taka, Maccarinna Cafe, Denjavas Retro Cafe, Jkopi Coffee and Resto, Bintang Muda Indonesia Kalimantan Timur, JPG Grafika, Notaris Dewi Savitri, Bengkel Artomoro.

Selain itu juga didukung oleh portal berita helloborneo.com, Suka Vespa Penajam Paser Utara (Save PPU), Titik Nol, Jon Brother Shoes Care, RisolK, Tiga kofe eetcafe, Zuppa Soup Oma Ani, dan Garage Vespa.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Perpusip) Kabupaten Penajam Paser Utara, Muhammad Yusuf Basra saat pembukaan acara menuturkan kegiatan yang dilakukan oleh anak muda yang tidak hanya mampu untuk menggali bakat pelajar untuk dikembangkan. Namun juga untuk wadah mengasah mental, karakter dan keberanian.

“Seiring dengan perpindahan ibu kota negara, tantangan di kehidupan yang akan datang akan lebih beragam. Maka mulai sekarang, menggali bakat dan mengembangkannya menjadi kunci untuk menghadapi itu,” kata Muhammad Yusuf Basra, Jumat, (12/08).

Satu per satu mereka membawakan puisi karya terkenal, bahkan karya sendiri dala kategori puisi, musikalisasi puisi dan menghafal biografi pahlawan Nasional. Selainnya penampilan lomba, kegiatan menyemarakkan HUT RI ke-77 ini turut diramaikan oleh penampilan seni Naycustic dan Marakamanta.

“Acara seperti ini perlu sering-sering dibuat. Supaya para murid punya tempat untuk mengekspresikan hobi dan bakat mereka dalam kesastraan,” ujar salah seorang guru pendamping lomba, Tari.

Senada, Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa yang thadir dalam kegiatan mengungkapkan dukungan untuk semua pelajar di Kabupaten Penajam Paser Utara. Ia menyebutkan pemerintah daerah juga akan berjanji serius dalam mendorong kemampuan literasi di daerah dapat meningkat.

“Buat para pemenang, selamat. Untuk yang belum, saya yakin jika terus semangat, kalian semua akan mampu melahirkan karya yang hebat lebih dari saat ini,” kata dia.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Akhmad Ali menyebutkan pelaksanaan acara ini terlihat antusias anak muda dalam menyalurkan bakat literasi mereka. Atas antusisme mereka teman-teman yang tergabung dalam Pea Bai merasa tergugah dan siap berkolaborasi dengan pihak kegiatan lainnya.

“Melihat penampilan semua peserta tadi, saya yakin bahwa PPU ke depan bisa lebih maju dan lebih baik. Antusiasme mereka juga membuat kami lebih bersemangat untuk berkolaborasi dalam kegiatan yang lebih besar,” tutupnya. (log)




One thought on “Komunitas Gembel Penajam Sukses Gelar Lomba Sastra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.