Komisi III DPRD Dorong Pemkab PPU Persiapkan Pelabuhan Benuo Taka

L Gustian

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten PPU. (ESY)
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten PPU. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Komisi III DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU melakukan persiapan Pelabuhan Benuo Taka dalam menyongsong pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku.

Pelabuhan milik Pemkab PPU berlokasi di Kawasan Industri Buluminung (KIB), Kecamatan Penajam belum memiliki kelengkapan sarana dan prasarana di sisi darat pelabuhan.

“Itu harus dipikirkan dari sekarang dan melakukan terobosan menyongsong IKN Nusantara,” kata anggota Komisi III DPRD Kabupaten PPU, Thohiron, Senin (10/10).

Thohiron, Anggota Pansus II DPRD Kabupaten PPU. (ESY)
Thohiron, Anggota DPRD Kabupaten PPU. (ESY)

Thohiron menambahkan, pembangunan sarana dan prasaranan sisi darat Pelabuhan Benuo Taka membutuhkan anggaran cukup besar. Sedangkan APBD Kabupaten PPU saat ini dinilai belum mampu memenuhi kelengkapan fasilitas pelabuhan. 

Namun, perencanaan pembangunan sisi darat Pelabuhan Benuo Taka harus disiapkan dari sekarang.

Pelabuhan Benuo Taka. (Dok)

“Saat ini APBD belum memungkinkan untuk pembangunan sisi darat Pelabuhan Benuo Taka. Tetapi, paling tidak harus disiapkan dari sekarang rencana pengembangannya ke depan,” jelasnya.

Thohiron menjelaskan, sisi darat Pelabuhan Benuo Taka memang harus dilengkapi sarana dan prasarannya agar lebih banyak pengguna jasa melakukan bongkar muat barang.

“Kalau fasilitasnya sudah lengkap, pasti banyak yang melirik untuk bongkar muat barang melalui Pelabuhan Benuo Taka. Dampaknya nanti bisa meningkatkan pendapatan daerah,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.