Pekerja Bedungan Sepaku di kawasan pembangunan IKN. (NBP)

Hartono, Wakil Ketua DPRD PPU Dorong Millenial Tangkap Peluang Usaha IKN

L Gustian

Wakil Ketua DPRD Kabupaten PPU. Hartono Basuki
Wakil Ketua DPRD Kabupaten PPU. Hartono Basuki

Penajam, helloborneo.com – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Hartono Basuki mengatakan, pemerintah pusat sedang beberapa infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya jalan lingkar Sepaku, Bendungan Sepaku-Semoi dan Intake Sungai Sepaku. 

Dalam waktu dekat istana negara dan kantor kementerian juga akan dibangun. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menetapkan pemenang lelang proyek istana negara. 

Pembangunan berbagai proyek infrastruktur IKN tidak hanya membuka peluang kerja bagi masyarakat tetapi, berbagai peluang usaha akan terbuka lebar.

Bedungen Sepaku di kawasan pembangunan IKN. (NBP)
Bedungan Sepaku di kawasan pembangunan IKN. (NBP)

Masyarakat Kabupaten PPU, terutama generasi millenial harus menyiapkan diri dengan meningkatkan kompentesi agar nantinya mampu menangkap peluang usaha di IKN Nusantara. 

“Menyongsong pemindahan IKN, anak muda harus menyiapkan diri dari sisi kompetensi. Untuk jangka pendek, harus mengikuti pelatihan yang digelar pemerintah agar bisa menangkap peluang kerja maupun peluang usaha,” kata Hartono Basuki, Rabu (19/10).

Ia menyatakan, keberadaan IKN di Kecamatan Sepaku menjadi daya tarik bagi warga luar daerah untuk datang ke PPU. Ketika warga pendatang semakin banyak untuk berwisata maupun bekerja di IKN, maka peluang usaha di sektor kuliner, jasa transportasi dan penginapan terbuka lebar.

residen Joko Widodo di Titik Nol, IKN di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 14 Maret 2022. (Biro Setpres)
Presiden Joko Widodo mengunjungi IKN. (Foto: dok. Biro Setpres)

“Ini peluang usaha yang harus digangkap oleh anak muda. Peluang usaha warung makan, penginapan dan transportasi akan terbuka,” tegasnya.

Kini Pemerintah daerah dan pusat terus melakukan upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menggelar pelatihan keterampilan untuk warga lokal. Untuk penyiapan SDM jangka panjang, Pemkab PPU telah bekerja sama dengan perguruan tinggi. Saat ini Universitas Gunadarma telah menyatakan tekat membangun kampus di PPU.

“Peningkatan pendidikan bagi anak muda sebagai generasi penerus memang harus dipersiapkan dari sekarang agar nantinya tidak tergerus di persaingan ibu kota,” pungkasnya. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.