Popda ke XVI Kaltim 2022 Resmi Dibuka, Bupati Paser: Junjung Semangat dan Sportifitas

Tontong Bhakti Sihombing

Popda ke XVI Kaltim 2022 resmi dibuka. (TBS)
Popda ke XVI Kaltim 2022 resmi dibuka. (TBS)

Paser, helloborneo.com – Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke XVI Provinsi Kaltim 2022 di Kabupaten Paser resmi dibuka. Pembukaan terlaksana di Arena Gentung Temiang, Kilometer 5, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Sabtu (22/10).

Dalam kegiatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Pemprov Kaltim, HM Syirajudin menyebut, popda menjadi hal penting dalam pengembangan olahraga dan jadi momentum kebangkitan prestasi pelajar di Kaltim.

“Untuk itu Pemprov, Pemkab dan Pemkot se-Kaltim harus berkomitmem, berkolaborasi dan bersama-sama dalam memberikan dukungan pada cabang olahraga,” ucap Syirajudin.

Popda edisi ini diharapkannya menjadi wadah seleksi untuk atlet dalam persiapan gelaran atau event olahraga satu tingkat diatasnya. Diantaranya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) maupun Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (Popnas).

“Tahun depan itu Popnas di Palembang, Sumsel. Kami berharap Provinsi Kaltim bisa masuk 10 besar, seperti Popnas di Jakarta 2019 lalu,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Paser, Fahmi Fadli mengatakan Popda salah satu sarana untuk memotivasi sekaligus untuk pembibitan, pembinaan dan pengembangan potensi serta prestasi atlet.

“Ini bisa menjadi ajang untuk memupuk persatuan dan kesatuan, persaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan khususnya dari kalangan pelajar di Kaltim,” ujarnya.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang yang kompetitif, sportif dan berprestasi, karena para juara pada Popda tingkat Kaltim 2022, nantinya akan menjadi duta pada Popda tingkat nasional, maupun berbagai event kejuaraan lainnya.

“Kepada para atlet, saya minta dapat bertanding penuh semangat dan sportivitas yang tinggi, untuk meraih prestasi terbaik,” pinta Fahmi.

Sementara itu, Sekretaris Popda Kaltim XVI, Muksin menyebut sebelum resmi dibuka, telah beberapa cabor dipertandingkan lebih dulu sejak 12 Oktober lalu, diantaranya gulat, voli, basket, dayung, menembak sepakbola, bulutangkis dan tinju.

Total ada 20 cabor yang dipertandingkan. Yakni atletik, bulutangkis, gulat, judo, senam, panahan, sepakbola, taekwondo, takraw, tenis meja, tinju, voli, dayung, basket, menembak, catur, pencak silat, karate dan kempo.

“Hanya senam yang digelar di Samarinda, sedangkan untuk 19 cabor lainnya dihelat di Kabupaten Paser selaku tuan rumah,” kata Muksin yang juga Kepala Disporapar Paser.

Untuk jumlah atlet dan ofisial yang terlibat mencapai 2.300 jiwa. Dengan rincian 1.954 atlet dan 342 ofisial dari 9 kabupaten/kota di Kaltim berebut medali. Perhelatan Popda ke XVI berakhir pada 28 Oktober mendatang.

“Adapun penginapan yang ditinggali kontingen sebanyak 12 hotel, 5 guest house dan 9 home stay,” tandasnya.

Diketahui, pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine. Beberapa pementasan dipertunjukkan dalam pembukaan ajang multi event itu. Diantaranya marching band, karnaval batik, olahraga tradisional Gawi Gata Bawe Taka, serta dimeriahkan oleh artis ibukota. (adv/bs/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.