DPRD Dorong Pemkab PPU Data Aset Daerah

L Gustian

Anggota DPRD Kabupaten PPU, Zainal Arifin. (ESY)
Anggota DPRD Kabupaten PPU, Zainal Arifin. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU menyelesaikan pengumpulan data dan informasi aset daerah. Upaya ini untuk menyelamatkan seluruh aset milik Pemkab PPU yang belum memiliki kekuatan legalitas secara hukum dan rawan terkena gugatan dari pihak lain.

DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara. (ESY)

Anggota DPRD Kabupaten PPU, Zainal Arifin, Selasa (25/10) mengatakan kesulitan utama dalam penyelamatan aset terletak pada status lahannya. Karena ada beberapa aset yang hanya memiliki bukti secara lisan namun tanpa sertifikat yang menjadi penguatnya. Bahkan ada sertifikat asetnya namun titik lahannya yang belum jelas.

Pelajar SMP di PPU.

“Ini Jadi tugas kita mengamankan aset. Maka kami terus memanggil satuan kerja terkait. Ini tinggal kecamatan dan kelurahan saja. Memang cukup banyak kendala yang kami hadapi. Terutama soal legalitas asetnya,” jelasnya

Zainal mengatakan pihaknya perlu juga melakukan sidak ke lapangan untuk mendatangi lokasi aset milik pemerintah baik yang sudah memiliki legalitas maupun belum. Termasuk meminta keterangan seputar status aset yang ada di lingkungan Pemkab PPU. Agar aset yang masih belum jelas segera terselamatkan dari kemungkinan gugatan hukum yang bisa merugikan pemerintah.

“Sudah sering kami dapatkan sekolah misalkan yang dibangun pemerintah tapi asal usul tanahnya belum jelas. Ini kan rawan sekali gugatan orang di kemudian hari. Kalau sampai kalah gugatan kan rugi pemerintah rugi juga anak didik yang bersekolah,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.