DPRD PPU Akan Awasi Kinerja Perumda Benuo Taka

ES Yulianto

Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahrudin M Noor. (Ist)
Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahrudin M Noor. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Jabatan Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Benuo Taka, telah terisi. Pelantikan Direktur salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut, dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara ( PPU ), Hamdam Pongrewa pada 1 November tahun 2022 lalu.

Pelabuhan Benuo Taka. (ESY)
Pelabuhan Benuo Taka. (ESY)

Pelantikan jabatan tertinggi di Perumda Benuo Taka, dikritik oleh pihak legislatif. Pasalnya, pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PPU mengaku tidak masuk dalam penunjukan Direktur Perumda Benuo Taka.

DPRD Kabupaten PPU. (ESY)
DPRD Kabupaten PPU. (ESY)

“Kami hanya diberitahu kalau direktur sudah dilantik. Padahal, sebelum-sebelumnya kami dihadirkan agar tahu. Dulu kami hadir sebagai penguji apakah memiliki kompetensi dan kapabilitas,” kata Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahrudin M Noor.

Menurut Syahrudin M Noor, direktur merupakan jabatan strategis. Sehingga, harus diisi oleh orang yang memiliki kapabilitas dalam menjalankan perusahaan. Terlebih lagi, Perumda Benuo Taka diproyeksikan sebagai badan usaha yang mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Syahruddin M Noor menegaskan, seorang direktur harus memahami karakter wilayah yang memiliki potensi untuk memberikan PAD bagi daerah. Terutama dalam mengelola Pelabuhan Benuo Taka, yang sampai saat ini masih belum optimal.

“Dengan ditunjuknya Direkur Perumda Benuo Taka yang baru, harapan kami pendapatan dari Pelabuhan Buluminung itu meningkat. Kalau ditata dengan baik, bukan tidak mungkin pelabuhan itu memberi masukan hingga Rp 10 miliar. Kalau sekarang kan belum jelas,” jelasnya.

Dikatakan Syahrudin M Noor, sebagai lembaga pengawas kebijakan pemerintah daerah, layak untuk mengevaluasi kinerja Perumda Benuo Taka. Termasuk memberikan rekomendasi direktur.

“Kami juga ingin tahu bisnis plan yang dijalankan seperti apa. Tentu kita akan memanggil (direktur). Nanti kita lihat kinerjanya seperti apa, jika tidak membawa kemajuan kita berikan surat rekomendasi untuk diganti,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.