Kelompok Informasi Masyarakat di Paser Terima Pendampingan

Tontong Bhakti Sihombing

Bupati Paser, Fahmi Fadli. (TBS)

Paser, helloborneo.com – Seiring kian pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dinilai perlu dan jadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

Menyikapi hal itu, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser menggelar sosialisasi dan pembinaan bagi KIM Kabupaten Paser 2022, yang diselenggarakan secara terpusat di Pendopo Bupati Paser, Senin (14/11).

Kepala DKISP Kabupaten Paser, Ina Rosana menyatakan, pendampingan ini merupakan salah satu cara Pemkab Paser dalam menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi melalui tegnologi secara cepat.

“DKISP Kabupaten Paser terus berupaya memenuhi segala kebutuhan masyarakat terkait penyediaan informasi di Kabupaten Paser. Sampai ke tingkat desa,” katanya.

Dijelaskan Ina, KIM merupakan suatu lembaga yang sangat strategis dalam penyebarluasan informasi di tengah masyarakat. Karena lembaga ini dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat, sehingga KIM ini diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah.

“Kemitraan ini kami tujukan baik itu pusat, provinsi, kabupaten hingga ke pemerintahan desa,” tambahnya.

Untuk itu, DKISP Kabupaten Paser berupaya menghadirkan KIM. Pendampingan ini dilakukan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Paser, Kecamatan, 14 Ketua KIM seKabupaten Paser dan perwakilan dari 28 Desa yang akan dibentuk KIM.

Sementara itu, Bupati Paser, Fahmi Fadli berharap dengan terbentuk dan dikembangkannya KIM di Kabupaten Paser dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas jaringan di Kabupaten Paser, yang diakui masih jadi pekerjaan rumah Pemkab Paser.

Ia menjelaskan komitmen dalam rangka mengentaskan keterbatasan jaringan komunikasi dengan mendukung program DKISP Kabupaten Paser sangat besar, yang juga salah satu upaya Pemkab Paser dalam mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)

“Semoga kegiatan ini bermanfaat seluasnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Paser,” ujar Fahmi Fadli.

Diketahui sosialisasi ini menghadirkan narasumber Koordinator Kemitraan Komunikasi Publik Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Helmi Hafid, serta pihak Diskominfo Provinsi Kaltim, Kepala Bidang Pemberdayaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Kutai Kartanegara dan Ketua Forum KIM Kabupaten Kutai Kartanegara. (adv/bs/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.