Pemprov Kaltim Dukung UKMK dari Hulu Hingga Hilir

Edy Suratman Yulianto

Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi. (Ist)
Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi. (Ist)

Samarinda, helloborneo.com – Pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan 2023 resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Hotel Shangrila Jakarta, Senin 6 Februari 2023. Presiden Jokowi menegaskan agar semua pihak tak terkecuali pemerintah daerah untuk tetap memperhatikan pelaku usaha UMKM.

Artinya, sambung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, agar semua aparatur pemerintah untuk tidak melupakan jasa-jasa pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Karena, peran mereka sangat luar biasa, apalagi ketika pandemi Covid-19 melanda Republik Indonesia.

“Berikan mereka suntikan dana yang sebanyak-banyaknya. Tetapi, dengan kehati-hatian yang tinggi,” pesan Jokowi.

Melalui siaran pers, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi turut mengikuti kegiatan tersebut. Melalui siaran pers, Hadi Mulyadi mengungkapkan peran UMKM sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi masyarakat Provinsi Kalimantan Timur melalui UMKM dianggap mulai mengeliat tak hanya saat ini, tetapi ketika pandemi Covid terjadi, sektor tersebut terus bertahan hingga sekarang.

“Apalagi, dari sektor inilah memberikan banyak peluang kerja kepada rakyat,” ucap Hadi Mulyadi.

Selain itu, Hadi juga sangat setuju dengan arahan Presiden Jokowi agar pengembangan hilirisasi harus didukung penuh. Jika, perlu mendapat perhatian lebih dan diberikan bantuan dalam pengelolaannya. Hilirisasi yang seperti apa dimaksud, yaitu semua sektor, mulai crude palm oil (CPO), minerba maupun sumber daya alam dari bawah laut dapat dikemas dengan baik.

Artinya, sebelum diekspor, semua komoditi tersebut diolah dulu menjadi bahan jadi, kemudian dimanfaatkan untuk negara sendiri, baru diekspor ke luar jika memang ada sisanya.

“Jadi, sumber daya yang ada di daerah ini wajib dikelola dengan baik menjadi bahan yang bernilai jual tinggi, setelah itu baru dimanfaatkan untuk bangsa sendiri hingga ke seluruh dunia,”

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berupaya mendukung dan melaksanakan arahan Presiden, mulai dari pembinaan terhadap UMK sampai dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam yang dikembangkan hingga akhir.

“Insyaallah Kaltim siap mendukung dan melaksanakan perintah Presiden, terutama dalam pembinaan UMKM hingga memanfaatkan sumber daya alam untuk pengembangan hilirisasinya,” jelas Hadi. (esy/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.