Musrenbang Kecamatan Sepaku, Hamdam Berharap Menjadi Akselerasi Keinginan Masyarakat dan Pemerintah

Bupati PPU, Hamdam Pongrewa. (Ist)
Bupati PPU, Hamdam Pongrewa. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) adalah kegiatan penting dan sangat strategis bagi kemajuan daerah. Termasuk dengan terakomodirnya sejumlah masukan dan keinginan masyarakat dalam rencana pembangunan pemerintah daerah di Kecamatan Sepaku dan secara umum bagi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Bupati PPU, Hamdam Pongrewa mengungkapkan musrenbang dilakukan guna mempertemukan apa yang menjadi keinginan masyarakat dan kebijakan pemerintah kabupaten. Tentunya semua keinginan masyarakat kecamatan belum tentu telah sesuai dengan kebutuhannya, sehinga diharapkan melalui musrenbang ini dapat menemukan solusi apa yang sesungguhnya menjadi kebutuhan masyarakat khususnya di kecamatan Sepaku saat ini. 

“Adanya musrenbang ini kita harapkan segala keinginan masyarakat dapat terjawab karena kedepan kita harus bahu membahu untuk memberikan dukungan dan kekuatan terhadap kemajuan daerah yang berada di empat kecamatan serta seluruh desa yang ada khususnya di kecamatan sepaku ini, apalagi seiring keberadaa IKN Nusantara,” ucap Hamdam. Kamis, (09/02/2023)

Ia juga mengatakan kepada masyarakat bahwa dengan musrenbang masyarakat yang ada di kecamatan maupun desa bisa mempertanyakan langsung kepada pemerintah daerah tentang hal-hal pembangunan daerah, termasuk apa saja yang kedepannya dilakukan pemda.

“Kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kiranya harus dapat memberikan penjelasan terkait itu. Jangan sebaliknya justru SKPD malah yang bertanya,” tegas Hamdam.

Lanjut, Hamdam meminta melalui musrenbang hari ini diharapkan pihak-pihak terkait mulai menyusun program-program, memberikan masukan dalam rangka merubah cara pandang bahwa PPU sedang mempersiapkan diri karena wilayahnya menjadi Ibukota Negara (IKN).

Senada Camat Sepaku, Waluyo dalam Musrenbang ini dilaksanakan guna menyerap aspirasi masyarakat sebagai bahan masukan kepada pemerintah kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat untuk menyusun rencana kerja pemerintah atau RKP dengan tujuan mendapatkan keselarasan dari tingkat bawah, kabupaten, provinisi hingga pusat.

“Pelaksanaan musrenbang kecamatan Sepaku dimaksudkan untuk memfasilitasi aspirasi masyarakat wilayah kemudian dibawa di tingkat kabupaten. Fokusnya adalah menyusun perencanaan sekala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. Sedangkan sasaran pelaksanaan musrenbang adalah hasil musrenbang diwilayah kecamatan Sepaku,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.