Hadapi Banjir, Lurah Petung Lakukan Sejumlah Mitigasi

Edy Suratman Yulianto

Achmad Fitriady, Lurah Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU. (Kiri)
Achmad Fitriady, Lurah Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU. (Kiri)

Penajam, helloborneo.com – Lurah Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Achmad Fitriady akan berupaya melakukan sejumlah langkah mitigasi bencana guna mengantisipasi mulai terjadinya potensi curah hujan tinggi.

Menurut Ady, sapaannya, langkah pertama yaitu dengan menginstruksikan kepada para Ketua Rukun Tetangga (RT) untuk memetakan titik-titik yang rawan terjadi bencana. Baik, genangan air, banjir ataupun longsor.

Selain itu juga masyarakat diminta untuk menjalin komunikasi dengan pemerintah Kelurahan Petung, bila ada potensi bencana yang disebabkan dari curah hujan tinggi ini.

“Kemudian bila ada kejadian-kejadian. Masyarakat segera melapor ke lurah atau pihak terkait seperti damkar atau lainnya agar segera ditindaklanjuti,” tuturnya Achmad Fitriady.

Lurah Kelurahan Petung, turut menyampaikan, jika ada warga yang terkena musibah, pihaknya mendorong masyarakat melakukan gotong royong. Upaya tersebut agar dapat membantu warga yang terkena musibah.

“Bukan berarti pemerintah tidak hadir, tetapi pemerintah pasti hadir di tengah-tengah masyarakat yang mengalami musibah,” ungkapnya.

Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya, titik-titik banjir mulai mendapat penanganan dari dinas terkait. Meski demikian tidak menutup kemungkinan potensi banjir bisa terjadi.

“Kalau ada biasanya di beberapa titik banjir kemarin, kita sudah berupaya juga melakukan pelebaran atau pengerukan saluran air. Alhamdulillah terlaksana dengan bantuan instansi terkait,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.