Calon Haji PPU Masuk Kelompok Terbang 16 Diberangkatkan Juni 2024

Bagus Purwa

Jamaah melakukan tawaf perpisahan di kota suci Mekkah pada 11 Juli 2022, menandai berakhirnya ibadah haji tahun ini. (Foto: AFP)
Jamaah melakukan tawaf perpisahan di kota suci Mekkah. (Foto: AFP)

Penajam, helloborneo.com – Calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara, masuk dalam kelompok terbang 16 dijadwalkan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan pada 4 Juni 2024.

“Secara keseluruhan sudah siap diberangkatkan 141 calon haji ditambah delapan orang petugas dan pembimbing haji,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara Muhammad Syahrir di Penajam.

Persiapan sudah dilakukan semua secara bertahap, kemudian menunggu pelepasan calon haji ke asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan untuk menjalani karantina sebelum diberangkatkan.

Seluruh calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara, telah melengkapi dokumen sebagai syarat untuk berangkat menunaikan ibadah haji di Mekkah dan Madinah.

“Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH juga telah dilunasi, dan calon haji sudah menjalani tes kesehatan serta divaksin meningitis dan flu,” katanya.

Calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara akan diberangkatkan bersama rombongan calon haji dari Kabupaten Paser, Kota Bontang dan Kota Samarinda pada 4 Juni 2024, lanjut dia, gelombang kedua kelompok terbang (kloter) 16.

Calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara masuk ke asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan pada 3 Juni 2024 sekitar pukul 14.00 Wita, jelas dia lagi, kemudian jadwal keberangkatan pada 4 Juni 2024 sekitar pukul 13.25 Wita dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan.

Berkas masing-masing calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara yang bakal diberangkatkan itu dipastikan sudah lengkap.

Para calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjalani pembinaan atau manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan sebelum diberangkatkan.

“Setelah mengikuti manasik haji tingkat kabupaten, calon haji juga menjalani manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan’,” ucap Muhammad Syahrir.

Kesehatan calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara saat menjalankan rangkaian ibadah haji di Mekkah dan Madinah dipantau tim dokter maupun paramedis yang bertugas di setiap kloter. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.