Bupati Penajam Minta Pelayanan Rumah Sakit Ditingkatkan

Bagus Purwa

Bupati PPU Sidak RSUD (L Gustian – Hello Borneo)

Bupati PPU Sidak RSUD (L Gustian – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Yusran Aspar, meminta pihak rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat meningkatkan pelayanan dengan memfungsikan ruangan secara maksimal.

“Saya minta semua ruangan yang telah tersedia difungsikan sesuai perencanaan sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat ditingkatkan,” ungkap Yusran Aspar, Senin.

Melihat ruang unit gawat darurat (UGD) yang penempatan pasien melebihi kapasitas sehingga terkesan sempit dan berdesakan Yusran Aspar langsung meminta agar seluruh fasilitas lain yang ada di RSUD Penajam Paser Utara, dioptimalkan.

“Untuk penambahan daya listrik di RSUD harus dianggarkan dan bisa dilaksanakan mendahului pembahasan APBD Perubahan 2015. Kami minta manajemen RSUD agar segera menyusun perencanaan untuk melengkapi fasilitas RSUD,” kata Yusran Aspar.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Sudirman menyatakan, penambahan daya listrik di RSUD bisa dilakukan sebelum pembahasan anggaran perubahan karena belum dilakukannya penambahan daya listrik namun harus ada surat permintaan persetujuan dari bupati.

“Penambahan daya listrik di RSUD harus segera diwujudkan untuk mengoperasikan sejumlah ruangan dan peralatan medis yang sampai sekarang belum digunakan karena terkendala pasokan listrik. Jadi, silahkan diserahkan surat permintaan dari bupati, nanti kami pelajari dan dibahas bersama di DPRD,” ujar Sudirman.

Direktur RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara Jense Grace Makisurat mengatakan, belum dapat difungsikannya beberapa ruangan tersebut, karena terkendala minimnya daya listrik karena saat ini, daya listrik yang tersedia berkisar 800 kilovolt amps (KVA).

“Kami butuh daya listrik sekisar 1.600 KVA untuk memfungsikan sejumlah ruangan dan peralatan medis yang saat ini belum difungsikan. Sekarang hanya 800 KVA, jadi butuh penambahan daya listrik 800 KVA lagi,” kata Grace Makisurat.

Kebutuhan anggaran RSUD tambah Grace Makisurat, mencapai Rp120 miliar dan alokasi anggaran tersebut, telah disusun dalam rencana kerja anggaran (RKA) 2015.

“Selain mengajukan anggaran, kami juga meminta penyediaan genset untuk antisipasi ketika listrik padam,” kata Grace.(log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.