Sudirman: Gerakan Tanam Pohon Jangan Sekedar Seremonial

AH Ari B

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Sudirman saat melakukan penanaman pohon (AH Ari B - Hello Borneo)

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Sudirman saat melakukan penanaman pohon (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Gerakan penanaman pohon serentak yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kata Wakil DPRD setempat, Sudirman, jangan sekedar seremonial.

“Kami berharap pemerintah daerah mengoptimalkan program pelestarian lingkungan dengan cara menjaga dan memelihara pohon yang telah ditanam untuk meminimalkan lahan kritis yang ada,” kata Sudirman disela-sela penanaman pohon, Selasa.

Sejauh ini upaya pemaliharaan lingkungan yang dilakukan pemerintah daerah lanjut dia, masih jauh dari maksimal, sehingga terkesan gerakan tanam pohon yang dilakukan tersebut hanya sebuah seremonial.

“Masih banyak pohon yang sudah ditanam rusak atau mati karena tidak dirawat, bahkan hilang karena tidak pernah diawasi,” ujar Sudirman.

Menurutnya, harus ada konsep dan program yang dibuat fokus untuk merehabilitasi lahan kritis, dan penanaman pohon masih dilakukan hanya dibeberapa tempat dann tidak ada tindak lanjut terhadap pohon yang ditanam tersebut.

“Tanam pohon yang dilakukan hanya dibeberapa tempat saja dan tidak ada tindak lanjut, seperti perawatan dan pemeliharaan terhadap pohon yang ditanam itu,” jelas politikus PDI Perjuangan tersebut.

Namun Sudirman memberikan apresiasi terhadap pemerintah daerah, khususnya Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar yang terus berupaya untuk menjadikan lahan gersang menjadi lahan yang asri dan nyaman. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.