Disdukcapil Balikpapan Terbitkan 50 Ribu KIA

Bagus Purwa

 

Pelayanan perekaman data KTP elektronik di Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara (AH Ari B - Hello Borneo)

Pelayanan perekaman data (AH Ari B – Hello Borneo)

Balikpapan, helloborneo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sudah menerbitkan sekitar 50 ribu kartu identitas anak atau KIA untuk anak di bawah 17 tahun.

“Sejak diluncurkan November 2015, Disdukcapil telah menerbitkan sekitar 50 ribu kartu identitas anak, jumlah anak yang membuat KIA membludak,” kata Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, Chairil Anwar di Balikpapan, Senin.

Namun sejak akhir 2015 Disdukcapil Kota Balikpapan menghentikan penerbitan KIA tersebut, karena pemerintah pusat sudah memberlakukan kartu identitas  anak untuk tersebut secara nasional.

“Daerah harus mengikuti petunjuk pusat terkait penerbitan KIA, karena Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak telah diterbitkan,” jelas Chairil Anwar.

“KIA yang telah diterbitkan, untuk sementara masih berlaku sampai penerbitan KIA secara nasional dilaksanakan pada April 2016,” katanya.

Disdukcapil Kota Balikpapan lanjut Chairil Anwar, akan melanjutkan penerbitan KIA setelah datang blanko dan peralatan cetak KIA dari pemerintah pusat, yang dijadwalkan tiba di Balikpapan pada April 2016.

“Kualitas KIA nasional lebih bagus, tahan lama dan lebih menarik serta peralatannya lebih lengkap, makanya kami masih menunggu blanko dan paralatan dari pusat itu untuk menerbitkan kembali KIA,” jelas Chairil Anwar.

Selain itu KIA nasional tambahnya, dibagi dua jenis, pertama kartu identitas anak untuk usia 0-5 tahun tidak perlu dipasang foto, kedua untuk usia 5-16 tahun harus dipasang foto. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.