Balikpapan Tetap Operasikan Posko Air Bersih

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tetap mengoperasikan posko air bersih di setiap kecamatan dan kelurahan untuk mengantisipasi terjadinya darurat air bersih di daerah itu.

“Kebijakan pendirian posko pengadaan air bersih di setiap kecamatan dan kelurahan yang sudah berlangsung sejak tiga pekan lalu, hingga saat ini belum dicabut,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kota Balikpapan, Zulkifli saat dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Jumat.

Menurutnya, Pemerintah Kota Balikpapan, terus melakukan evaluasi terhadap keberadaan posko air bersih tersebut, dan sesuai kesepakatan keberadaan posko air bersih itu sampai ketinggian air Waduk Manggar sudah mencapai di atas enam meter.

“Kalau ketinggian air Waduk Manggar turun sampai 5,15 meter, berarti akan berlaku penggiliran pelayanan distribusi, sehingga tunggu perkembangan untuk mencabut kebijakan posko air bersih itu,” jelas Zulkifli.

“Kami menyesuaikan dulu dengan ketinggian air waduk selama sepekan ini, walaupun PDAM sudah hentikan penggiliran pelayanan distribusi, tapi masih dalam situasi terbatas,” ujarnya.

Pelayanan posko air bersih di setiap kecamatan dan kelurahan tambah Zulkifli, saat ini menurun karena masyarakat mulai berkurang memanfaatkan posko air bersih tersebut, semanjak PDAM menghentikan sistem penggiliran pelayanan distribusi.

“Posko air bersih di wilayah Balikpapan Barat, paling banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan air bersih, karena daerah itu termasuk daerah paling rawan krisis air,” ucapnya. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.