Harga Bawang di Penajam Naik

Bagus Purwa

 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Harga bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, naik akibat kurangnya suplai dari Jawa Timur.

“Saat ini harga bawang merah eceran Rp50.000 per kilogram dan bawang putih dijual dengan harga Rp44.000,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Senin.

Peningkatan harga bawang merah dan bawang putih tersebut menurutnya, akibat kurangnya suplai dari Jawa Timur, yang sebelumnya harga bawang merah Rp45.000 per kilogram dan bawang putih Rp35.000 per kilogram.

Saat ini lanjut Rusli, persediaan bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara masih mencukupi, namun karena penurunan produksi bawang merah dan bawang putih di daerah penghasil menurun akibat banjir, sehingga suplai juga mengalami penurunan.

Ia memperkirakan harga bawang merah dan bawang putih bisa stabil di Kabupaten Penajam Paser Utara, apabila penen bawang merah dan bawang putih di Jawa Timur meningkat, sehingga suplai juga dapat ditingkatkan.

“Kebutuhan bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Penajam Paser Utara, sekitar 40 persen didatangkan dari Jawa Timur, jadi kami belum bisa memastikan kapan harga bawang stabil,” jelas Rusli.

“Bawang merah dan bawang putih yang dijual eceran di sejumlah pasar tradisional, selama ini hanya dipasok dari Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara dari pantuan harga cabai keriting di pasar tradisional di Kabupaten penajam Paser Utara, juga mengalami kenaikan, saat ini dijual dengan harga Rp45.000 per kilogram sebelumnya Rp40.000 per kilogram.

Sedangkan harga cabai biasa atau cabai tiung sempat naik mencapai Rp50.000 per kilogram, sekarang turun menjadi Rp45.000 per kilogram. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.