Ratusan PNS Penajam Akan Dilimpahkan ke Provinsi-Pusat

AH Ari B

 

Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (Suherman - Hello Borneo)

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 425 pegawai negeri sipil Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Oktober 2016 dilimpahkan ke pemerintah provinsi dan pusat.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu mengatakan, pelimpahan pegawai sebanyak itu, seiring ada beberapa bidang yang akan dilimpahkan kewenangannya dari pemerintah daerah ken provinsi dan pusat.

“Pelimpahan kewenangan tersebut digariskan dalam Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” jelasnya.

PNS yang dilimpahkan ke provinsi adalah pegawai bidang pendidikan menengah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, penyuluh KB Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, sedangkan penyuluh perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan yang akan dilimpahkan ke pusat.

Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD lainnya yang akan dilimpahkan kewenangannya ke pemerintah provinsi, yakni Dinas Pertambangan dan Energi serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Dokumen personel dan administrasi pengalihan, peralatan, pembiayaan dan dokumen (P3D) akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur paling lambat pada Oktober 2016.

“Januari 2017 status kepegawaian dan tupoksi PNS itu menjadi kewenangan pemerintah provinsi,” ujar Tohar.

Namun, untuk pelimpahan sebanyak 272 tenaga honorer tambahnya, sampai saat ini masih dalam pembahasan lebih lanjut dengan Pemprov Kaltim.

Tohar berharap, seluruh tenaga honorer yang menjadi bagian  bidang dan SKPD yang kewenangannya akan dilimpahkan ke pemerintah provinsi dan pusat dapat diakomodir secara keseluruhan. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.