Penajam Optimistis Penanaman Padi Mencapai 16.000 Hektare

AH Ari B

 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Fetrianto (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.comPemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, optimistis dapat memenuhi target penanaman padi yang ditargetkan pemerintah pusat hingga akhir 2017 mencapai seluas 16.000 hektare.

“Secara nasional Kabupaten Penajam Paser Utara ditargetkan menanam padi seluas 16.000 hektare,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara Joko Dwi Fetrianto, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Sampai saat ini, menurut ia, luas persawahan di wilayah Penajam Paser Utara yang sudah ditanami padi seluas 10.900 hektare.

“Luas lahan persawahan itu ditanami padi mulai bulan Oktober 2016 sampai Maret 2017,” ujar Joko Dwi Fetrianto.

Dia menyatakan dengan kondisi cuaca yang sedang bersahabat saat ini, luas tanam padi di wilayah Penajam Paser Utara bisa melampaui target nasional.

Joko Dwi Fetrianto optimistis selama musim hujan seluas 5.100 hektare sisa lahan yang belum tertanami padi dapat dipenuhi pada penanaman pada April sampai September 2017.

Lahan persawahan di Kabupaten Penajam Paser Utara yang tersebar di empat kecamatan, mayoritas berada di wilayah Kecamatan Babulu dengan luas lahan persawahan mencapai 8.000 hektare.

Sementara di wilayah Kecamatan Penajam luas lahan persawahan mencapai 2.100 hektare, sedangkan di wilayah Kecamatan Waru mencapai 4.900 hektare.

“Lahan persawahan di wilayah Kecamatan Sepaku yang ditanami padi hingga akhir 2017 mencapai 1.000 hekatre,” ucap Joko Dwi Fetrianto.

Untuk petani yang sudah melakukan panen periode Oktober 2016 hingga Maret 2017 lanjutnya, saat ini sudah mulai mengolah lahan persawahan untuk musim tanam berikutnya.

“Kami yakin untuk target tanam padi yang ditetapkan secara nasional hingga akhir 2017 itu dapat terpenuhi,” tambah Joko Dwi Fetrianto. (adv-HumasPPU/bp/*mrs)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.