Penajam Beri Bonus Pasukan Kuning dan Hijau

Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mensyukuri perolehan Piala Adipura Buana 2017 dengan menjanjikan bonus untuk anggota pasukan kuning dan hijau atau pekerja kebersihan dan pertamanan yang bukan berstatus pegawai negeri sipil.

“Para petugas itu adalah penyapu jalan, pengangkut sampah dan sopir truk sampah serta petugas yang memelihara taman kota tidak berstatus PNS, jadi bonus untuk mereka yang honorer atau tenaga kontrak,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara Wahyudi, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Menurut dia, besaran bonus bagi petugas kebersihan dan pertamanan tersebut masih diusulkan kepada kepala daerah, dan diharapkan bonus yang diberikan lebih besar dari bonus yang diberikan sebelumnya.

Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Wahyudi, satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur pada 2017 yang berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang lingkungan dan kebersihan kategori kota kecil.

Keberhasilan tersebut menjadi kegembiraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Penajan Paser Utara, tidak terkecuali para petugas kebersihan dan pertamanan yang telah bekerja keras untuk menjaga kebersihan dan kerapian Kabupaten Penajam Paser Utara.

Wahyudi menyatakan, Piala Adipura Buana yang diraih untuk keempat kalinya tersebut, menjadi bukti ketangguhan pasukan kuning dan hijau bekerja di lapangan.

“Tidak jarang mereka kehujanan dan kepanasan, bahkan berisiko terserempet kendaraan di jalan raya saat bekerja,” ujarnya.

Kebersihan dan kerapian Kabupaten Penajam Paser Utara sangat bergantung pada para penyapu jalan dan pengangkut sampah, serta petugas pertamanan.

Mulai pukul 4 pagi, para penyapu jalan dan pengangkut sampah dibantu petugas pertamanan membersihkan sampah di jalan-jalan dan tempat pembuangan sementara (TPS) di wilayah “Benuo Taka” (sebutan Kabupaten Penajam Paser Utara).

Para petugas kebersihan dan pertamanan mengaku Piala Adipura Buana itu sebagai kado terindah atas jerih payah mereka menjaga kebersihan dan kerapian Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kami berharap bonus yang dibagikan lebih besar dari sebelumnya, karena Piala Adipura Buana 2017 itu merupakan piala keempat kalinya diraih Kabupaten Penajam Paser Utara,” tambah Rustini, salah satu petugas kebersihan Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/*ra)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.