KPP Penajam Targetkan Pendapatan Pajak Rp780 Miliar

Bagus Purwa

Kabupaten PPU.

Penajam, helloborneo.com – Kantor Pelayanan Pajak Pratama Penajam menargetkan pendapatan dari wajib pajak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2018 sebesar Rp780 miliar.

“Pada 2017, Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyumbang pajak sebesar Rp500 miliar,” kata Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Penajam Mohammad Imroni, ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam.

Menurut ia, target pajak itu dari berbagai sektor di Kabupaten Penajam Paser Utara, baik perorangan, badan atau bendahara lembaga serta instansi pemerintahan.

“Pedagang kecil dan bentuk usaha yang masuk dalam kategori wajib pajak pribadi juga bisa menambah pemasukan negara dari keuntungan mereka setiap tahunnya,” jelas Mohammad Imroni.

Namun, apabila tidak terdapat keuntungan dalam usaha seperti kios-kios, warung dan usaha kecil lainnya, mereka tidak diberlakukan sebagai wajib pajak.

“Sebenarnya mereka harus membayar pajak setiap tahunnya, dengan catatan dalam satu tahun meraup keuntungan bukan merugi,” ujar Mohammad Imroni.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut ia, lembaganya diberi tugas melakukan sosialisasi, edukasi, pelayanan, dan pengawasan serta penegakan hukum.

KPP Penajam membuka kantor pelayanan di lantai 1 Kantor Bupati Penajam Paser Utara, buka setiap hari Selasa hingga Kamis untuk pelayanan dan edukasi masyarakat yang ingin melaporkan SPT (surat pemberitahuan tahunan) pajak.

Selain itu juga telah menggunakan program e-filling di layanan pajak dalam jaringan untuk memudahkan pelaporan SPT dan sekaligus mendekatkan layanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak.

Program e-filling adalah sistem pelaporan pajak tahunan (SPT) yang dilakukan secara daring untuk memudahkan wajib pajak dalam proses pelaporan pajak tanpa perlu mendatangi KPP.

Namun, tambah Mohammad Imroni, menggunakan e-filling dibutuhkan pemahaman, untuk itu sosialisasi dan edukasi memberikan pemahaman khususnya bagi wajib pajak non-karyawan (warga) dalam melaporkan SPT rutin dilakukan. (bp/hb)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.