KPU Penajam Tetapkan DPT Pemilu 120.747 orang

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.comRapat pleno Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (12/9) malam, menetapkan daftar pemilih tetap untuk Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 dengan jumlah pemilih sebanyak 120.747 orang.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara Tono Sutrisno saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat, menjelaskan, jumlah pemilih yang ditetapkan dalam daftar pemilih tetap atau DPT tersebut mengalami penurunan dibanding data pemilih sebelumnya.

“Untuk data pemilih sementara jumlah pemilih sebanyak 120.898 orang atau terjadi penurunan sejumlah 151 orang setekah dilakukan verifikasi dan pencermatan,” katanya.

Kantor KPU PPU.

Menurut Tono Sutrisno, penyebab turunnnya jumlah pemilih antara lain ditemukannya 144 data pemilih ganda dan tujuh pemilih potensial di bawah umur.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara menghapus 151 orang dalam daftar pemilih sementara sebelum ditetapkan menjadi DPT (daftar pemilih tetap) Pemilu 2019.

“Kami lakukan pencermatan terlebih dahulu pada Rabu (12/9) dari pagi hingga sore bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta perwakilan partai politik,” jelas Tono Sutrisno.

Pencermatan data pemilih tersebut lanjut ia, berdasarkan surat edaran KPU Pusat Nomor 1033 Tanggal 8 September 2018, sebab tanggapan dari partai politik di tingkat nasional terdapat 25 juta data pemilih ganda dari 163 juta pemilih.

“Tanggapan partai politik itu pada rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih dalam dan luar negeri yang dilaksanakan 5 September 2018,” ujar Tono Sutrisno.

Atas dasar surat edaran tersebut tambahnya, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pencermatan ulang terhadap daftar pemilih, dan temuan data pemilih ganda itu hasil pencermatan internal KPU setempat bukan dari tanggapan partai politik.

“Tidak ada laporan atau tanggapan partai politik terhadap data pemilih, data pemilih ganda ditemukan dari hasil pencermatan KPU,” tambahTono Sutrisno.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara tetap membuka apabila ada masukan atau tanggapan terkait DPT atau menemukan data pemilih ganda, jika ada laporan atau masukan akan ditindaklanjuti. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.