Pembentukan BNNK Penajam Terkendala Moratorium

Ari B

Penajam, helloborneo.comPembentukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terkendala adanya moratorium dari Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sekretaris BNK PPU, Herlambang.

Sekretaris Badan Narkotika Kabupaten Penajam Paser Utara, Herlambang saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin, mengatakan, pemerintah kabupaten tetap konsisten menyediakan dan melengkapi persyaratan yang ditetapkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Namun, lanjut ia, dengan adanya moratorium pembentukan lembaga BNNK itu, kemungkinan tidak dapat dilakukan secepatnya pada 2018.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tetap konsisten menyediakan dan melengkapi seluruh persyaratan yang ditetapkan BNN, untuk pembentukan BNNK.

“Sampai saat ini urusan admnistrasi pembentukan BBNK sudah 80 persen, jika moratorium itu dicabut tinggal menyerahkan berkas persyaratan pembentukan BNNK.” kata Herlambang.

Selain berkas administrasi pembentukan BNNK hampir lengkap, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga telah menyiapkan lahan untuk lokasi kantor dan laboratorium BNNK tersebut.

“Pemeritah kabupaten sudah menyiapkan lahan lebih kurang 3 hektare untuk kantor dan laboratorium BNNK,” ujar Herlambang.

Bahkan, menurut dia, kajian akademis serta surat keputusan (SK) lahan sebagai lokasi kantor dan laboratorium BNNK itu sudah diterbitkan.

Pemerintah pusat menunda pembentukan BNNK Penajam Paser Utara yang masuk dalam zona BNNK Balikpapan sampai berakhirnya pemilihan Presiden 2019.

Herlambang menjelaskan, salah satu pengajuan pembentukan BNNK Penajam Paser Utara tersebut, karena melihat jumlah kasus narkoba di daerah setempat setiap tahun relatif tinggi.

Pada 2017, Polres Penajam Paser Utara berhasil mengungkap 39 kasus narkoba, sedangkan sampai Oktober 2018 jumlahnya kasus narkoba tercatat meningkat menjadi 47 kasus. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.