Bupati Penajam Resmi Jabat Ketua Umum Aspeksindo

Bagus Purwa

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud sebagai Ketua Umum Aspeksindo menerima panji dari Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, pada pelantikan pengurus Aspeksindo 2018-2022, Jumat

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud resmi dikukuhkan menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia atau Aspeksindo periode 2018-2022.

Ketua umum beserta pengurus Aspeksindo 2018-2022 tersebut dilantik Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Jumat, di Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Pengelolaan wilayah laut dan pesisir yang lebih besar dari wilayah daratan hingga kini, kami anggap belum maksimal dan tanpa hasil yang memadai,” kata Moeldoko.

“Sampai saat ini di Indonesia, belum memiliki organisasi yang mampu menggerakan potensi wilayah laut atau pesisir itu,” jelasnya.

Moeldoko berharap, Aspeksindo mampu menjadi wadah dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada di wilayah pesisir atau laut.

“Aspeksindo harus mampu menjadi wadah bagi daerah di Indonesia dalam pemanfaatan potensi kelautan yang dimilki,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Abdul Gafur Mas’ud menyatakan, Aspeksindo dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir di Indonesia.

Daerah atau wilayah pesisir dan laut lanjut ia, memilik potensi sumber daya alam yang sangat penting, hayati maupun non-hayati yang bernilai ekonomis dan ekologis.

Untuk menjamin pelestarian keberadaan sumber daya alam tersebut menurut Abdul Gafur Mas’ud, pengelolaan harus dilakukan secara terencana dan terpadu, serta memberikan manfaat.

“Aspeksindo menyusun dan membahas permasalahan pengelolaan wilayah kepulauan dan pesisir, untuk membuat program pengelolaan yang lebih baik,” ujarnya.

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud terpilih sebagai Ketua Umum Aspeksindo pada Musyawarah Nasional I, yang digelar di Jakarta pada awal Oktober 2018. (Adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.