Rumah Kepala Daerah Penajam Dihiasi Ornamen Etnik Paser

Ari B


Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara Supardi saat ditemui helloborneo.com, Senin.

Penajam, helloborneo.com – Dua rumah jabatan kepala daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang rencanannya dibangun 2019 ini, akan dihiasi dengan ornamen-ornamen etnik Paser untuk menunjukkan identitas atau ciri khas budaya di daerah itu.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara Supardi saat ditemui helloborneo.com, Senin, mengatakan, pembangunan rumah jabatan bupati dan wakil bupati akan segera dilaksanakan pada 2019 ini.

“Sesuai rencana bangunan dua rumah jabatan kepala daerah itu akan dihiasi ornamen-ornamen etnik Paser,” ujarnya

Rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara tersebut masing-masing memiliki luas bangunan 20×50 meter.

Untuk pembangunan fisik rumah jabatan bupati dan wakil bupati itu menurut Supardi, dianggarkan pada APBD 2019 mencapai lebih kurang Rp10 miliar.

Sedangkan untuk pembebasan lahan sebagai lokasi dua bangunan rumah jabatan kepala daerah tersebut lanjut ia, juga sudah disiapkan dana sekitar Rp5 miliar.

“Saat ini tim sedang menyiapkan proses pembebasan lahan untuk lokasi pembangunan rumah jabatan bupati dan wakil bupati itu,” ucap Supardi.

Proses pembebasan lahan lokasi pembangunan dua rumah jabatan tersebut jelasnya, berjalan paralel dengan penyiapan dokumen lelang.

Lahan yang dibebaskan sebagai lokasi pembangunan rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara itu di kawasan sepanjang jalan pantai (coastal road) Kelurahan Sungai Paret, Kecamatan Penajam.

Pembangunan dua rumah jabatan kepala daerah tersebut tambah Supardi, dibiayai melalui skema anggaran tahun tunggal (satu tahun anggaran).

“Kami harapkan pembangunan rumah jabatan bupati dan wakil bupati selesai sebelum akhir Desember 2019,” ujarnya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.