Dekranasda PPU Ingin Meningkatkan Kreatifitas UMKM Lokal

humas8/helena

Sekretaris Kabupaten PPU Tohar Saat Membuka Raker Dekranasda PPU Tahun 2019.

Penajam, Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) PPU gelar rapat kerja perdana. Dengan tema Meningkatkan sinergitas dan kreatifitas serta pendapatan pengrajin millenial yang berbasis kearipan lokal.

Rapat kerja ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara H Tohar, kamis (2/5) di aula lantai tiga kantor bupati. Dalam sambutannya Tohar menyampaikan para pengrajin lokal perlu bekerja sama dengan Dinas KUKM Perindag untuk meningkatkan potensi sumber daya alam (SDA).

“Melalui rapat kerja ini diharapkan muncul inovasi atau gagasan baru yang dapat menambah pendapatan para pengrajin lokal”.kata Tohar.

Tohar menambahkan bahwa kreativitas adalah hal penting dalam pembuatan kerajinan. Tanpa kreativitas, pembuatan kerajinan akan tidak ada gunanya.

Sementara Wakil Ketua Dekranasda PPU, Satriyani mengimbau agar pembinaan dan pengembangan UMKM di Kabupaten PPU terus ditingkatkan. Pasalnya kerajinan lokal seperti kain, kerajinan kayu dan lain sebagainya memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan SDM untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasar,”jelas Satriyani.

Selain itu, Satriyani juga mengingatkan agar para UMKM lokal terus memperhatikan tren desain produk yang terus berubah dengan sangat cepat. Sehingga nuansa warisan budaya dapat dikolaborasikan dengan tren masa kini. (Adv/humas8/Helena/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.