Kemenag Penajam Siap Berangkatkan 147 Calon Haji

Bagus Purwa

Pemberangkatan calon haji Kabupaten PPU tahun 2016.(dokumentasi helloborneo.com)

Penajam, helloborneo.com – Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur siap memberangkatkan 147 calon haji asal daerah itu ke Tanah Suci Mekkah pada musim haji 2019.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara Usep Suciadi saat ditemui helloborneo.com, Selasa, menyatakan secara keseluruhan instansinya sudah siap memberangkatkan calon haji pada tahun ini.

“Seluruh persiapan sudah dilakukan tinggal melepas calon haji ke asrama haji Embarkasi Balikpapan untuk menjalani karantina sebelum diberangkatkan,” ujarnya.

Seluruh calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Usep Suciadi, telah melengkapi dokumen sebagai syarat untuk berangkat menunaikan ibadah haji di Mekkah dan Madinah.

“Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH juga telah dilunasi, dan calon haji sudah menjalani tes kesehatan serta divaksin meningitis dan flu,” ucapnya.

Saat ini, menurut Usep Suciadi, para calon asal Kabupaten Penajam Paser Utara sedang menjalani pembinaan atau manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

“Setelah mengikuti manasik haji tingkat kabupaten yang dilaksanakan Senin (19/6), calon haji juga menjalani manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan,” tambahnya.

Kuota murni calon haji dari Kabupaten Penajam Paser Utara, jelas Usep Suciadi,  tercatat 130 orang termasuk dua anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Namun, pada musim haji tahun ini (2019), Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat tambahan jatah 17 calon haji dari 10.000 orang tambahan kuota haji secara nasional.

“Jadi calon haji yang akan diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke Mekkah dan Madinah pada musim haji tahun ini sebanyak 147, termasuk dua orang petugas haji,” ungkap Usep Suciadi.

Untuk penentuan kelompok terbang (kloter) dan pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Paser Utara, masih menunggu informasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur maupun pemerintah pusat. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.